fbpx
jpo instagramable di jakarta

5 Daftar JPO Instagramable di Jakarta Terfavorit Bagi Warga DKI 5/5 (1)

JPO Instagramable di Jakarta – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kini bukan satu-satunya tempat untuk menyeberang. Banyak masyarakat yang menjadikan JPO sebagai spot spot untuk berfoto karena wajah JPO di DKI Jakarta yang sudah berubah jadi lebih mewah dan modern.

Pengertian JPO (Jembatan Penyeberangan Orang)

Menurut wikipedia Jembatan penyeberangan orang disingkat JPO adalah fasilitas pejalan kaki untuk menyeberang jalan yang ramai dan lebar atau menyeberang jalan tol dengan menggunakan jembatan, sehingga orang dan lalu lintas kendaraan dipisah secara fisik.

Jembatan penyeberangan juga digunakan untuk menuju tempat pemberhentian bus (seperti busway Transjakarta di Indonesia), untuk memberikan akses kepada penderita cacat yang menggunakan kursi roda, tangga diganti dengan suatu akses dengan kelandaian tertentu.

Berikut merupakan Beberapa JPO Instagramable di Jakarta :

1. JPO Dukuh Atas

jpo instagramable di jakarta
image credit : blog.misteraladin.com

JPO pertama di Jakarta adalah JPO Dukuh Atas, JPO ini menghubungkan sisi timur Terminal Bus Dukuh Atas dan Terminal Bus Dukuh Atas 2. JPO Dukuh Atas didesain unik dan memukau. Bahkan dari kejauhan, kita bisa melihat pijakan kaki itu masih berupa lempengan besi dengan gagang besi hitam. 

Tak ketinggalan hiasan sarang lebah berbentuk heksagonal berwarna putih abu-abu yang artistik membuat JPO ini semakin keren, terutama pada malam hari. Saat lampu JPO dinyalakan, pola heksagonal tampak menyala di Jalan Jenderal Sudirman di bawah.

Selain itu, JPO juga dilengkapi dengan atap yang menutupi seluruh jembatan, dan pejalan kaki akan lebih leluasa berjalan tanpa takut hujan atau panas terik matahari. JPO ini melayani Koridor 6 Dukuh Atas – Ragunan dan Koridor 4 Pulogadung – Dukuh Atas.

2. JPO Gelora Bung Karno

jpo instagramable di jakarta
image credit : travel.tribunnews.com

JPO selanjutnya di Jakarta di Jenderal Sudirman, JPO Gelora Bung Karno (GBK). Jembatan ini dibangun dengan desain yang tidak kalah bagusnya. Menggunakan hiasan berupa kotak putih yang dipasang secara spiral. Dari kejauhan, fasilitas umum ini terlihat futuristik dan dinamis. JPO GBK ini menggunakan plafon, lantai kayu, atap yang transparan dan pegangan besi kanan kiri yang memberikan kesan mewah.

JPO GBK lebih keren lagi jika dilihat pada malam hari karena lampu akan bersinar warna warni dan akan menghiasi desainnya. JPO GBK juga menjadi JPO terfavorit warga Jakarta. Hampir setiap akhir pekan, JPO ini selalu dipadati anak muda yang ingin selfie dengan latar belakang seni JPO GBK.

3. JPO Polda Metro Jaya

image credit : blog.misteraladin.com

Berbeda dengan desain lama, JPO Polda Metro Jaya kini lebih keren lho. Desain JPO Polda Metro Jaya dibuat lebih bagus lagi dengan konsep cincin besi yang tampak menutupi rangka JPO. Dilengkapi dengan fasilitas pencahayaan RGB (merah, hijau, biru) yang meliputi cahaya yang dapat memancarkan tiga warna secara bergantian.

JPO ini akan terlihat semakin cantik di malam hari. Lampu warna-warni dengan mengubah dekorasi JPO ini akan terlihat lebih indah. Mereka dapat mengambil bidikan teknologi karyawan JPO gratis, tidak perlu membayar.

4. JPO Bundaran Senayan

image credit : cnbcindonesia.com

JPO populer berikutnya di Jakarta adalah JPO Bundaran Senayan. JPO terbuat dari material kayu komposit dengan alas bawah. Layar platform memudahkan penyandang disabilitas menggunakan JPO. Jembatan ini memiliki panjang 68 meter dan dirancang dengan desain artistik.

Dari kejauhan, JPO ini terlihat memukau dengan rangka jembatan berwarna putih dan ubin memanjang. Jalur jembatan dilengkapi dengan lampu lampu indah untuk memudahkan penyeberangan di malam hari. Pejalan kaki juga dapat melihat pemandangan cakrawala Jakarta dan gedung perkantoran di sekitarnya karena atap JPO menjadi transparan. Menariknya, JPO ini memiliki lift yang menyatu dengan terminal bus Transjakarta dan MRT.

5. JPO Sumarno

image credit : megapolitan.kompas.com

JPO di Jakarfta selanjutnya yang cocok dijadikan spot foto adalah JPO Sumarno yang berada di Penggilingan, Jakarta Timur, di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.. JPO ini dibuka untuk umum pada Desember 2018. Tak kalah bagusnya dengan JPO di atas, JPO ini didesain dengan memadukan gaya Betawi modern dan lokal. Atapnya sengaja dibuat rapat dan terlihat futuristik.

Lampu warna-warni di JPO ini akan berkedip di malam hari dan akan semakin indah jika dilihat dari kejauhan. Selain desain teknis, JPO dilengkapi dengan lift yang berguna untuk memudahkan penyebrangan jalan bagi orang tua (lansia), wanita hamil, dan penyandang difabel / disabilitas. Pengguna kursi roda dan pejalan kaki bisa berjalan lebih nyaman di sini.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

taman bunga cihideung

Tiket Masuk Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung – Bandung memang mempunyai berbagai destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Apalagi rasanya belum lengkap  jika

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?