fbpx

Kawah Putih Bandung  merupakan tempat wisata yang terkenal di Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih tidak hanya terkenal di Bandung bahkan di Indonesia. Objek wisata ini pun sering mendapat kunjungan dari wisatawan mancanegara. Karena tempatnya yang instagramable, lokasi  ini cocok untuk dijadikan tempat spot foto bahkan sering diadakan syuting film dan foto Pre Wedding.

Di Kawah Putih ini kamu akan mendapati pemandangan hamparan kawah berwarna putih yang sangat menakjubkan. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang ada disini berwarna putih karena berasal dari percampuran unsur belerang.

Tidak hanya warna tanahnya yang putih, warna air pun berwarna putih kehijauan dan dapat berubah tergantung dari kadar kandungan belerang. Letak kawah ini sendiri berada pada ketinggian 2090 meter di atas permukaan laut.

Kawasan ini juga dikelilingi oleh hutan mati yang memiliki pemandangan unik berupa rantai pepohonan kering yang semakin menambah keeksotisan tempat wisata alam satu ini.

Kawah Putih Bandung

Asal Mula Kawah Putih

Kawah Putih bermula dimana terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini mulai pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian. 

Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu, seluruh informasi yang didapatkan adalah bahwa kawasan tersebut angker dan dihuni oleh makhluk halus.

Namun Dr Franz tidak mempercayai begitu saja desas desus masyarakat tentang angkernya kawasan pegunungan itu. Akhirnya ia pun pergi ke pegunungan itu dengan melewati hutan rimba untuk mencari tahu keadaan yang sebenarnya. Akhirnya ketika sampai di puncak gunung, Dr Franz melihat bahwa terdapat danau yang sangat indah dengan bau belerang yang sangat menyengat.

Sejak saat itu keberadaan Kawah Putih Ciwidey pun terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini menjadi Wisata Kawah Putih yang terbuka untuk umum.

Fasilitas dan Kegiatan di Kawah Putih

Berfoto

Tentunya hal pertama yang wajib kamu lakukan saat mengunjungi wisata Kawah Putih Bandung ini adalah mengabadikan setiap momen dan keindahan alam yang disuguhkan dengan jepretan kamera. Dengan keindahan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata, tempat ini cocok dijadikan sebagai salah satu spot foto menarik.

Memanjakan Mata dengan Menikmati Pemandangan Perkebunan Teh

Di sekitar kawasan wisata Kawah Putih Bandung ini terdapat lokasi perkebunan teh. Kamu bisa berjalan-jalan mengelilinginya. Kalau beruntung, kamu bisa bertemu dengan para petani teh dan minta izin kepada mereka untuk ikut memetik daun teh. Tentunya aktivitas ini akan sangat seru untuk dilakukan dan bisa menjadi pengalaman yang berharga.

Menenangkan Diri di Pemandian Air Panas

Ada banyak cara yang bisa membantu melepaskan lelah dan penat yang kamu rasakan. Selain menikmati pemandangan alam wisata Kawah Putih Bandung yang menakjubkan, kamu juga bisa berelaksasi dengan berendam air panas.

Kamu bisa menemukan beberapa pemandian air panas di sekitar lokasi, di antaranya adalah pemandian air panas Ciwalini dan Cimanggu. Sumber air panas ini juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri.

Lokasi, Jam Operasional dan Tiket Masuk

Kawah Putih berlokasi di Jl Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. 

Wisata Kawah Putih buka setiap hari pukul 07.00 s/d 17.00 WIB 

Harga tiket masuk Kawah Putih Bandung pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu 15.000 Rupiah per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut: 

Parkir atas (mobil): 150.000 Rupiah 

Parkir atas (motor): 35.000 Rupiah 

Ontang-anting: 13.000 Rupiah 

Parkir bawah (mobil): 6.000 Rupiah 

Parkir bawah (motor): 5.000 Rupiah 

Parkir bawah (bus): 25.000 Rupiah

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?