Adaptasi Kebiasaan Baru – Indonesia sampai saat ini memang masih adanya wabah virus covid-19, masa pandemi covid-19 ini memang tidak tahu kapan akan berakhir. Semua orang pasti memang menginginkan virus ini cepat berakhir di indonesia. 

Tetapi saat ini juga sehubungan dengan adanya penerapan New normal. Tetapi memang new normal ini hanya berlaku di daerah yang benar benar zona biru.

Begitupun di wilayah Jawa Barat memang di wilayah jabar sudah ada daerah yang zona biru. Maka Pemerintah Jawa Barat ini akan menerapkan New Normal atau AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). 

Di Jabar ini sudah ada 15 Kabupaten/Kota yang berada di level 2 zona biru. Ke-15 daerah tersebut diusulkan untuk menerapkan new normal ala jawa barat atau yang biasa disebut sebagai Adaptasi Kebiasaan baru (AKB). 

Tetapi Daerah yang akan menerapkan AKB, ini terlebih dahulu harus mencabut status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Setelah itu Pemda bisa mengajukan permohonan AKB kepada Kementerian Kesehatan RI.

Dan Berikut ini adalah cara Adaptasi Kebiasaan Baru Masyarakat Jawa barat, Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini menerangkan lima cara atau tahapan adaptasi dalam AKB. Berikut ulasannya.

adaptasi kebiasaan baru

Adaptasi Kebiasaan Baru di Tempat Ibadah

Tahap pertama atau cara pertama adaptasi di tempat ibadah, terutama di masjid. Di AKB ini tetap harus menjalankan protokol kesehatan, diantaranya dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan. 

Pemerintah juga meminta agar yang beribadah ke masjid ini membawa perlengkapan sholat sendiri dan berwudhu dari rumah. Dan pengurus masjid pun diizinkan untuk membuka masjid ini dengan kapasitas 50 persen saja. 

Selain itu pun pengurus masjid harus mengajukan izin kelayakan operasional dan bebas Covid-19 ke kantor Kecamatan setempat agar masjidnya dikategorikan aman dan layak untuk dibuka ke publik. 

AKB di tempat ibadah ini akan dievaluasi setelah tujuh hari. Dan selanjutnya daerah yang masuk zona biru ini bisa masuk ke cara atau tahap ke 2.

Adaptasi Kebiasaan Baru di Sektor Ekonomi

Tahapan atau cara kedua AKB adalah aKB di sektor ekonomi industri, perkantoran dan pertanian. nah sama AKB inipun akan dievaluasi selama 7 hari. DI industri,perkantoran dan pertanian juga harus menerapkan protokol kesehatan, baik itu memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Nah jika tidak ada penyebaran Covid-19 maka wilayah tersebut bisa masuk tahap ketiga AKB.

Adaptasi Kebiasaan Baru di Mall, Retail atau pertokoan

AKB yang ketiga ini dengan dibukanya mall dan retail atau pertokoan, Tetapi meski mall atau pertokoan ini di buka tetap saja harus didampingi tim pengendali dari gugus tugas. 

Tim ini bertugas mengawasi aktivitas pengunjung termasuk pemilik toko dan petugas keamanannya. Pemilik toko pun harus bertanggung jawab apabila ada penularan di areanya. 

Selain itu petugas keamanan di mall atau toko ini harus menegur pembeli apabila tidak menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker. Dan sama seperti tempat ibadah mall atau pertokoan ini hanya boleh dikunjungi 50 persen saja dari kapasitasnya. 

Adaptasi Kebiasaan Baru Pemulihan Sektor Wisata

Tahap atau Cara AKB keempat yakni sektor pariwisata. AKB pemulihan sektor wisata ini satu bulan sejak pemberlakuan AKB tahap pertama barulah suatu daerah bisa masuk ke pemulihan sektor pariwisata dengan catatan tidak ditemukan kasus Covid-19 di tiga tahap sebelumnya. 

Tetapi dengan usul Gubernur jabar juga untuk sementara waktu ini tidak menerima atau mengizinkan tempat pariwisata  menerima wisatawan dari luar Jabar karena untuk menghentikan penyebaran virus covid-19.

Adaptasi Kebiasaan Baru Sektor Pendidikan

Cara Ke lima yaitu sektor pendidikan, meski begitu pemerintah memang belum memastikan bahwa sektor pendidikan tidak akan pulih atau kembali ke sekolah dalam waktu yang dekat. 

Kata Gubernur jabar sendiri untuk sektor pendidikan ini belum bisa dibuka sekarang, dan masih dalam pembahasan, wacananya sektor pendidikan ini akan dibuka kembali bulan januari tahun 2021. 

Pemerintah sendiri butuh waktu dan tidak boleh mengorbankan anak anak. Dan GUbernur jabar Ridwan kamil pun jika tidak ada keputusan di januari pun akan secara khusus disampaikan. 

Nah itu dia cara adaptasi kebiasaan baru masyarakat jawa barat, jadi untuk kalian yang berada di zona biru kalian pun harus mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan agar menghindari penyebaran virus ini, karena memang virus covid-19 ini masih belum berakhir di Indonesia.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?