fbpx

Sandiaga Uno Bangkitkan Sektor Pariwisata – Pariwisata merupakan sektor yang paling keras dihantam akibat pandemi Covid-19, sudah hampir setahun pandemi ini namun belum juga ada tanda tanda normal seperti dulu.

Pariwisata pun masih terseok seok untuk bangkit dan maju untuk mengembangkan berbagai pariwisata Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya akan berjuang keras untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air dengan tiga cara yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Inovasi yaitu pendekatan big data, teknologi dan digitalisasi yang memetakan semua potensi dan penguatan pada virtualisasi, inovasi dan kreatifitas destinasi super prioritas dalam setahun kedepan”, kata dia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam rapat virtual bersama 34 kepala dinas pariwisata di Indonesia dengan tajuk “Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman & Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru”, Sabtu (26/12/2020)”.

Sandiaga Uno Bangkitkan Sektor Pariwisata

Berikut langkah yang dilakukan Sandiaga Uno terkait arahan Presiden Joko Widodo :

Inovasi

Inovasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Nantinya inovasi juga akan menyentuh pada kuliner, fashion, budaya dan serta kesenian yang mencakup bermacam macam tarian di Indonesia.

Selain itu, diharapkan inovasi yang dilakukan juga harus melibatkan sektor lain contohnya infrastruktur yang berkaitan dengan interkoneksi.

“Yang berinovasi bukan kita saja. Kita bisa inovasi produk dan regulasi, tapi harus jadi fasilitator inovasi ekosistem parekraf. Ekosistem itu yang akan bersama-sama tumbuhkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf),” ujar Sandi (sumber : kompas.com).

Adaptasi

Menparekraf pun mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan CHSE di berbagai destinasi perlu dan harus dilakukan. Itu merupakan bagian dari destinasi wisata yang beradaptasi di tengah wabah seperti ini. Juga industri parekraf perlu menargetkan pasar wisata dan ekonomi kreatif pada wisatawan nusantara (wisnus).

Seperti yang dilihat jika telah muncul covid dengan varian baru sehingga harus menutup perbatasan dan ini merupakan potensi luar biasa yang harus di dorong sebagai salah satu fokus di tengah pandemi.

Kolaborasi  

Untuk kolaborasi Sandiaga mengutamakan komunikasi terbuka dan team work yang makin solid dengan berbagai pihak.

“Harus kolaborasi, buka diskusi. Jangan lagi ada ego sektoral. Bersinergi saling menguatkan untuk pulihkan sektor andalan,” katanya. Menurut Sandi, dengan para pelaku industri parekraf yang saling bekerja sama, hal tersebut merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat.

Itulah Cara Sandiaga Uno bangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?