Gunung Salak yang terkenal diJawa Barat ini memiliki beberapa fakta bahwa Gunung ini terkenal akan keindahanya. Gunung salak terletak di wilayah Bogor dan Sukabumi. Gunung ini memiliki ketinggian 2.211 mdpl. Gunung salak terkenal sebagai Tanaman Nasional Gunung Halimun- salak sejak 2003. Berikut fakta – fakta Gunung Salak yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Gunung Berapi Aktif
Gunung Salak merupakan gunung api strato tipe A. Gunung yang relatif tua ini, semenjajk tahun 1600-an tercatat pernah mengalami letusan diantara nya tahun 1668-1699, 1780,1902-1903 dan 1935. secara morfologi, Gunung Salak memiliki banyak jurang curam dan dalam. karena seluruh tubuh gunung sampai puncak tertutup hutan lebat., kontur gunung ini tidak mudah terlihat. Hal ini sering kali menipu pendaki maupun penerangan yang melewati kawasan pegunungan ini.

2. Jalur Pendaki
Gunung Salak memiliki puncak. Puncak tertingginya bernama PUncak Salak I dengan ketinggian 2.211 mdpl jarang dikunjungi karena dianggap angker dan dinilai memiliki kesulitan cukup tinggi, baik karakteristik vegetasi maupun medannya. untuk sampai ke puncak, ada 4 pilihan jalur puncak pendakian. Pertama jalur pendakian Ajisaka dengan estimasi sampai puncak 140 menit, Cidahu 90 menit, Pasar Rengit 70 menit dan Cimelati 120 menit.

3. Banyak Curug
Gunung ini memiliki pesona alam dan keindahan yang luar biasa, memiliki banyak air terjun alami yang seolah mengelilingi gunung ini. terdapat Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Pangeran< Curug Nangka, Curug Luhur dan lainya. Karena itu, tempat ini cocok digunakan untuk wisata. Gunung Salak juga dikelilingi hutan-hutan, terdiri dari hutan pegununugan bawah (submontane forest) dan hutan pegunungan atas (montane forest). Gunung ini menjadi tempat favorit pendidikan bagi komunitas atau organisasi pencinta alam.

4. Misteri dan Mitos
Gunung Salak sering disebut terangker di Jawa Barat. Kisah ini misterinya antara lain beberapa pendaki hilang bahkan meninggal dan adanya kejadian mistis yang sering dialami orang yang datang ke sana. Mitosnya, terdapat pusat kerajaan gaib di Puncak Manik Gunung Salak. Puncak Manik layaknya tempat suci yang dinetralkan dari aktivitas manusia. Lagi-lagi karena banyaknya pendaki yang tidak dapat mencapai puncak karena cuaca buruk. Selain itu, penduduk yang berada di lereng Gunung Salak terpercaya bahwa adanya makhluk gaib. Makhluk itu merupakan perwujudan dari raja yang dikenang sepanjang zaman, yakni Sri Baduga maharaja Prabu Siliwangi.

5. Pantangan
Ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar bagi yang hendak datang ke kawasan Gunung Salak, yaitu dilarang memetik bunga anggrek. Selain itu jangan pernah menanyakan dimana keberadaan buah Salak yang ada di Gunung Salak. Asal usul nama salak sebenarnya berasal dari bahasa sansakerta “Salaka” yang berarti Perak. Maka GUnung Salak bermakna “Gunung Perak” bukan mengacu pada buah Salak.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?