Teras Cikapundung Bandung – Siapa yang sudah pernah ke Teras Cikapundung Bandung ? Teras Cikapundung Bandung sebelumnya merupakan daerah yang kumuh dan tak terurus yang berhasil diubah menjadi tempat wisata. Cikapundung adalah sungai yang membelah Kota Bandung yang dimulai dari daerah Bandung Utara dan bermuara di Sungai Citarum, Bandung Selatan.

Sungai ini melintasi Kota Bandung di kawasan Jalan Braga dan Alun-alun. Sebelum diresmikan sebagai tempat wisata, dulunya Cikapundung menjadi tempat berkumpulnya para seniman Bandung.

Para seniman yang memiliki ide-ide kreatif selalu berkumpul di Teras Cikapundung Bandung. Bahkan, dahulu pernah berdiri beberapa sanggar seni di sekitar tempat ini. Selain itu juga banyak lokasi warung makanan yang kemudian tidak terurus dan tertata.

Kondisi tersebut membuat kawasan ini sempat dijuluki “tempat jin buang anak” dan dianggap angker oleh banyak orang.

teras cikapundung bandung

Pada akhirnya di tahun 2013 silam warga Bandung membuat gerakan bernama “Save Babakan Siliwangi” untuk memperbaiki kondisi tempat yang sekarang menjadi tempat wisata nyaman dan asik untuk keluarga bernama Teras Cikapundung.

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di Teras Cikapundung, maka tidak akan dikenakan biaya apa pun. Disediakan berupa kotak uang bagi pengunjung yang hendak melakukan donasi untuk kebersihan Teras Cikapundung Bandung serta perawatan fasilitas.

Namun hal ini tidak dipaksakan oleh penjaga setempat karena donasi tersebut bersifat seikhlasnya. 

Biaya hanya dipungut saat pengunjung ingin mencoba wahana rafting atau perahu karet yaitu Rp10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Lokasi Teras Cikapundung

Lokasi Teras Cikapundung berada di sekitar aliran sungai Cikapundung, atau tepatnya terletak di kawasan hutan kota, Babakan Siliwangi (Baksil).

Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Kec Cidadap, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat 40131.

Disini Anda dapat melakukan Beberapa Aktivitas Seperti :

teras cikapundung bandung

Wahana Perahu Karet

Ini merupakan salah satu wahana yang disediakan bagi pengunjung oleh Teras Cikapundung Bandung. Bagi pengunjung yang ingin mencoba wahana ini, hanya diperbolehkan bagi yang tidak memiliki phobia terhadap air dan juga bukan penderita epilepsi.

Selain bermain wahana perahu karet, pengunjung juga diajak melestarikan sungai. Pengunjung diajak bermain sambil membersihkan area Sungai Cikapundung yang terbilang sudah keruh itu. 

Atraksi Air Mancur Menari

Atraksi ini ditampilkan dua kali pada setiap hari beroperasi yaitu pada pukul 17.00 dan pukul 20.00 WIB. Masing-masing pertunjukan, menampilkan empat lagu yang totalnya berdurasi 20 menit pada setiap sesinya.

Pengunjung dapat melihat atraksi air mancur ini dengan duduk di amfiteater yang disediakan. Apalagi saat malam hari, air mancur menari semakin indah karena dihiasi dengan lampu-lampu dengan suasana romantis.

Menjaga Lingkungan

Selain disuguhkan dengan lingkungan yang syarat alami, Teras Cikapundung juga mengedukasi pengunjung untuk menjaga kebersihan. Tempat ini tidak menyediakan tempat sampah, bukan karena mendukung aksi buang sampah sembarangan.

Wisata Malam Romantis

Teras Cikapundung menyajikan nuansa yang cukup romantis di kala malam tiba. Selain itu, pengunjung yang tidak ingin berpanas-panasan dengan teriknya matahari, juga disarankan untuk datang ke taman ini pada malam hari.

Wisata Gratis

Teras Cikapundung menawarkan kesan ekologi di dalamnya, seperti terdapatnya kolam. Pengunjung juga bisa berekreasi sekedar menikmati pemandangan kolamnya saja. Untuk bisa menikmati suasana disini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya apa pun. Lain halnya jika pengunjung ingin mencoba wahana rafting yang akan dikenakan biaya.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?