Kota Bandung bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang cukup eksotik, namun kuliner jadul Bandung juga sangat menggugah selera. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut hanya untuk menikmati kulinernya. Bahkan, masih terdapat kuliner Bandung yang telah lama ada namun masih eksis hingga saat ini.

Jika Anda sedang singgah ke Bandung, maka kuarang afdol jika tidak menyempatkan untuk mencoba kuliner legendarisnya. Karena di kota ini terdapat banyak sekali makanan khas yang tidak terdapat di daerah lain.

Kuliner Jadul Bandung Legendaris

 

Mie Yamin atau Mie Naripan

Makanan kuliner khas Bandung yang tidak boleh dilewatkan yaitu mie yamin atau mie naripan. Mie ini sudah ada sejak tahun 1965 dengan menggunakan resep secara turun menurun yang tetap eksis sampai sekarang.

Jika dilihat dari tampilan luar, warung mie ini terlihat biasa saja dan tidak ada dekorasi yang tampak berlebihan. Bagian interiornya juga hanya dihiasi dengan calendar- calendar tionghoa, tempat duduknya juga hanya bangku plastic biasa. Namun menu makanan disini yang selalu menjadi incaran para penikmat kuliner.

Untuk menikmati kuliner legendaris yang satu ini, maka Anda siap- siap untuk mengantri. Karena disetiap waktu selalu ramai dengan pengunjung. Mie yamin yang ditawarkan cukup bervariasi dengan pelengkapnyamulai dari bakso, pangsit, babat, hingga taburan ekstra keju yang cukup gurih. Porsi yang ditawarkan juga jumbo, sehingga Anda dijamin kenyang.

 

Roti Gempol atau Roti Gandum

Roti Gempol atau Roti Gandum

Bagi Anda penikmat roti gandum, maka wajib mampir ke toko roti legendaris di Kota Bandung ini. Menu roti bakar yang ditawarkan oleh toko yang sederhana ini cukup bervariasi. Mulai dari rasa roti bakar sampai dengan porsinya yang dapat Anda pilih secara satuan atau rame- rame.

Menu utama di toko roti ini adalah menu roti bakarnya yang cukup legendaris dengan topping yang melimpah dan rasa yang begitu nampol. Ada dua pilihan roti yang ditawarkan toko ini yaitu roti puti dan roti gandum.

Sedangkan menunya sangat bervariasi, mulai dari roti bakar spesial (daging +telur atau daging +keju), roti bakar komplit (daging+ telur+ keju) dan roti bakar manis. Sebagai pelengkapnya ada sambal yang membuat roti bakar di Roti Gempol ini memiliki daya tarik tersendiri.

 

Bandros Cowboy Cisangkuy

Bandros Cowboy Cisangkuy

Bandros merupakan salah satu kuliner jadul Bandung yag masih eksis sampai saat ini. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, santan dan kelapa parut. Kue ini biasnaya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kuenya menyerupai dengan kue pukis, karena memang menggunakan cetakan yang serupa.

Ada beberapa varian bandros yang ada di tanah Pasundan antara lain bandros asin dan manis. Untuk masyarakat pasundan biasanya menikmati kue bandros tanpa menggunakan gula. Kue bandros yang terkenal di Kota Bandung yaitu Bandros Koboy Cisangkuy yang berlokasi di Jalan Cisangkuy, No. 56, Citarum Kota Bandung.

 

Surabi Sukur

surabi-sukur

Surabi merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang telah ada dari zaman dulu. Cara pembuatannya yaitu dengan menggunakan tungku dan dibakar diatasnya. Seiring berjalannya waktu, kini surabi memiliki banyak varian rasa.

Surabi manis terdiri dari surabi persib, kopi, green tea, gula merah, coklat, strawberry dan jagung keju. Sedangkan surabi asin terdiri dari surabi sosis, surabi legend, surabi oncom, surabi telur, surabi ayam suwir dan surabi smokebeff.

 

Seblak Merapi

Seblak Merapi

Kuliner jadul Bandung yan wajib Anda coba lagi yaitu Seblak. Yang membedakan antara seblak merapi dengan seblak yang lainnya yaitu dari segi kemasannya yang menggunakan mangkok plastik. Seblak merapi terdiri dari 6 varian rasa yaitu seblak mie, original, seblak istimewa, seblak kwetiau, seblak dorokdok dan seblak golosar.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?