fbpx
makanan khas banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara Yang Buatmu Ketagihan 5/5 (3)

Makanan Khas Banjarnegara – Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa dilewatkan. Apalagi, jika perut kita berbunyi, makanan satu-satunya yang jadi penawarnya. 

Indonesia memiliki ribuan pulau. Pulaunya saja sudah ribuan apalagi makanannya. tentu saja kita tidak bisa menghafal semua nama makanannya. diantara ribuan makanan tersebut, tidak ketinggalan terdapat makanan khas Banjarnegara. berikut beberapa makanan khas Banjarnegara yang perlu anda coba khususnya ketika berlibur ke daerah Kabupaten di provinsi jawa tengah ini.

makanan khas banjarnegara

1. Soto Krandegan

Bagaimanapun juga, sekilas terlihat seperti opor ayam. Namun, jangan salah. Soto yang satu ini rasanya lebih enak dan kuahnya terlihat lebih pekat. Bahan yang digunakan juga sederhana. Ada ketupat, tauge, irisan ayam serta taburan bawang goreng dan daun seledri yang membuat soto semakin nikmat dan mantap. Soto krandegan sendiri cocok dimakan bersama combro kalipalet. Yaitu sebuah gorengan renyah yang lebih enak dimakan saat masih hangat.

Baca Juga : Dadiah, Makanan Khas Minangkabau Wajib Dicoba

makanan khas banjarnegara

2. Mie Ongklok

Mie yang satu ini dibuat dengan mencampurkan mie dengan bumbu spesial dengan tambahan sate bumbu kacang yang nikmat. Apalagi makananan satu ini cocok dimakan di malam hari.

Mie Ongklok Banjarnegara lengkap dengan sate dan kuah pedasnya, sepertinya pas dijadikan pengantar tidur karena lelah seharian. Tutup petualangan kulinermu dengan mie ongklok.

Menikmati sajian mie yang berbeda dari biasanya dengan mie ongklok. Campuran daging sapi, ayam, ebi, sawi dan kol mampu menciptakan perbaduan yang sempurna lengkap dengan sate ayam berkuah kacang kental ini.

3. Dawet Ayu 

Minuman yang sudah menyebar ke berbagai wilayah ini dikenal dengan rasa manis dan kenyalnya ini, terdiri dari biji dawet yang disiram dengan gula merah dan santan dan diberi tambahan es batu minuman ini cocok diminum saat siang hari, dimana matahari sedang terik-teriknya. 

Untuk anda yang bingung membeli oleh-oleh khas Banjarnegara, anda bisa membawa Carica yang merupakan buah pepaya yang hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu. anda juga bisa membeli Purwaceng yang merupakan tanaman subur di dataran tinggi Dieng.

Ada juga berbagai macam oleh-oleh yang terbuat dari salak. seperti Jenang salak, Sirup salak, Keripik salak, dan Kopi biji salak

4. Mendoan

Menjelang malam hari yang syahdu di Banjarnegara, tak lengkap rasanya jika tak ditemani si cantik nan gurih Mendoan Banjarnegara.

Kembali mensyukuri keanekaragaman kuliner di Indonesia, kita wajib mengenal makanan khas Banjarnegara berbahan dasar tempe ini. Balutan tepung dan irisan daun bawang pada tempe ini menambah selera makan kita apabila disajikan dengan sambal kecap yang super pedas.

Sebelum malam hari datang, sebaiknya kamu bergegas mencari mendoan di warung-warung atau pedagang kaki lima di sepanjang jalan Banjarnegara. Nikmati selagi hangat agar kelezatannya tak berkurang.

5. Bakso Ketupat Belakang Polres 

Ketika menjelang siang dan perutmu mulai keroncongan lagi, segera nikmati bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara. Rasanya gurih dan mengenyangkan.

Warung bakso yang terkenal ini, tak pernah sepi didatangi pengunjung. Dengan harga yang terjangkau, di Rp10.000, kamu sudah bisa menikmati santap siang tanpa takut kehabisan uang.

Dengan campuran ketupatnya yang cukup banyak, kamu nggak perlu khawatir akan kelaparan lagi dengan cepat. Kaldu sapi yang kental dengan rasa bakso yang enak sekali gigit ini pun menjadi ciri khas bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara ini.

Itulah beberapa makanan khas Banjarnegara yang terkenal. Jika anda berkunjung ke Banjar negara jangan lupa berwisata kuliner di sekitar Banjarnegara!

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

taman bunga cihideung

Tiket Masuk Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung – Bandung memang mempunyai berbagai destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Apalagi rasanya belum lengkap  jika

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?