fbpx
museum bale panyawangan

Wisata Purwakarta, Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara 5/5 (1)

Museum Bale Panyawangan Diorama adalah museum di Purwakarta yang terhitung baru. Museum ini menampilkan diorama sejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah, kerajaan-kerajaan awal, perkembangan kerajaan islam, masuknya penjajahan/VOC, dan lain sebagainya.

Keistimewaannya adalah dalam pengemasan materi yang modern, tempat yang nyaman dan menyenangkan, serta digital interaktif yang memanjakan pengunjung. Berada di pusat kota, alamatnya di Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Museum Bale Panyawangan Diorama

Bale Panyawangan Diorama Purwakarta adalah salah satu tujuan wisata baru di Purwakarta yang juga diminati oleh turis – turis asing. Terletak di Jalan KK Singawinata, museum ini adalah tempat yang memamerkan berbagai hal mengenai sejarah sekaligus sebagai tempat edukasi.

Mulai dari sejarah Tatar Sunda, sejarah nasional, sejarah Purwakarta, biografi para Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta yang pernah dan sedang menjabat, daftar para Ketua DPRD Purwakarta, berbagai tempat wisata di Purwakarta dan koleksi – koleksi wayang hingga informasi mengenai pembangunan yang dilakukan di Purwakarta pada masa kepemimpinan Bupati Dedi Mulyadi. Arti Panyawangan sendiri yang diberikan oleh Bupati adalah sebuah penerawangan atau kembali pada perjalanan ke masa lalu.

Diharapkan ketika pengunjung berada di museum, maka mereka akan merasakan pengalaman kembali ke masa lalu melalui arsip – arsip di Bale Panyawangan atau Museum Diorama Purwakarta. Pengelola museum adalah Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta.

Dalam sejarah museum Diorama Purwakarta ini, tanggal pendiriannya adalah 21 Februari 2015 berkat prakarsa Bupati Dedi Mulyadi. Museum ini dibangun untuk mengangkat peranan pengarsipan sebagai bagian penting dari kehidupan bangsa, negara dan masyarakat.

Museum Bale Panyawangan Diorama

Museum ini menyajikan sejarah Purwakarta dari masa ke masa dan perkembangannya yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni serta teknologi. Karya seni yang memiliki sentuhan teknologi dapat memperkenalkan arsip pada masyarakat dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Sejarah Museum Diorama Purwakarta

Sejarah Museum Diorama tidak dapat dilepaskan dari sejarah Gedung Kembar, gedung yang digunakan sebagai lokasi museum. Gedung Kembar adalah landmark dari Kota Purwakarta yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan.

Berupa bangunan bergaya arsitektur klasik Eropa yang berbentuk sama dan berdampingan yang dibangun sekitar abad ke 19 setelah Purwakarta masuk ke Karesidenan Karawang pada 1854. Pada waktu itu Purwakarta menjadi ibukota Karesidenan dan pembangunan gedung ini konon dibuat untuk memperindah kota.

Informasi mengenai gedung dalam sejarah Museum Diorama Purwakarta sebelumnya memang sedikit sehingga sulit mendapatkan cerita yang pasti mengenai Gedung Kembar tersebut.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa gedung ini dulunya menjadi toko sepatu, dan juga merupakan gerbang menuju arah stasiun kereta api. Konon pemilik toko sepatu itu adalah orang Indonesia keturunan Cina, dan pernah digunakan untuk studio foto pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

Wisata Horror Desa Trunyan

Sejarah Desa Trunyan Bali Meski terkenal dengan cara pemakaman unik yang disebut mepasah, masyarakat Desa Trunyan Bali ternyata juga terkadang

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?