fbpx
Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits

Nepal Van Java, Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits 5/5 (1)

Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits – Nepal Van Java atau Nepal asal Jawa kini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer bagi masyarakat di saat liburan tiba. Nepal Van Java adalah sebutan untuk Dusun Butuh yang terletak di Desa Temanggung, Provinsi Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Dusun Butuh dijuluki Nepal Van Java karena terletak di lereng Gunung Sumbing. Pemukiman di sekitar sini bertumpuk seolah mirip dengan negara Nepal.

Apa yang Dapat Anda Nikmati di Nepal Van Java ?

Saat sampai di Nepal Van Java, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang ditampilkan di sana. Tentu saja, kamera, termasuk smartphone, DSLR, Mirrorless, atau Drone, akan diluncurkan dengan cepat untuk mengabadikan pemandangan yang luar biasa indah di sini.

Selain itu wisatawan juga dapat memetik sayuran dan berkeliling desa untuk menikmati liburan yang mengesankan.

Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits
image credit : liputan6.com

Rute Menuju Nepal Van Java 

Nepal van Java berjarak kurang lebih 21,5 kilometer (km) dari pusat Kota Magelang. Lama perjalanan dari sana sekitar satu jam. Ke kota Magelang biasanya dibawa dari utara yaitu Semarang dan selatan yaitu Yogyakarta.

Jika ingin berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir. Untuk sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Setelah Kota Magelang, perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Kaliangkrik.

Transportasi Umum Menuju Nepal Van Java

Kota terdekat ke Nepal Van Java adalah Magelang. Jika Anda naik kereta api, tujuan pertama Anda adalah Semarang atau Yogyakarta. Pasalnya, belum ada jalur Kereta Api (KA) yang melintasi Magelang. Stasiun kereta terdekat ada di Semarang dan Yogyakarta.

image credit : superadventure.co.id

Kemudian lanjutkan perjalanan bus Anda ke Magelang. Sesampai di sana, oper bus ke area Kaliangkrik. Pengunjung kemudian dapat naik ojek menuju lokasi.

Berhubung Pemukiman disini berbentuk menumpuk dan menanjak maka berikut merupakan tips bila berkunjung ke tempat ini :

1. Datanglah Ketika Cuaca Cerah

Cuaca Nepal van Java dengan latar belakang Gunung Sumbing yang jernih hanya bisa dinikmati saat cuaca cerah. 

Ketika yang cerah, langit biru di langit membuat pemandangan lebih indah. Perpaduan birunya langit, hijaunya Gunung Sumping serta pemukiman penduduk begitu bersatu padu. Cuaca cerah biasanya terjadi pada musim kemarau, antara Mei sampai September. Sebaliknya, pada musim hujan antara November hingga April, cuaca kerap mendung atau kabut tebal.

2. Pastikan Kendaraan Mampu Menanjak

Dusun Butuh terletak di lereng Gunung Sumbing. Makanya, pengunjung pasti tahu arah saat sampai di sana. Kondisi jalan raya seperti ini memang membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk menanjak, baik itu mobil maupun motor.

Bila kendaraan tidak kuat menanjak, sudah tersedia ojek yang dapat mengantarkan anda berkeliling dusun ini.

Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits
image credit : topik.id

3. Waspada Rem Blong pada Kendaraan Matic

Kondisi jalan mendaki akan berubah menjadi turunan sekembalinya dari Dusun Butuh. Selain sedikit menanjak di beberapa titik, turunannya juga panjang. Ini harus menjadi peringatan bagi pemilik kendaraan bermotor.

Menekan rem saat pendaratan berlebihan menyebabkan mobil mudah macet. Yang terbaik adalah beristirahat sebentar di lereng bukit untuk mendinginkan rem sambil menikmati pemandangan.

4. Gunakan Kamera atau Drone

Untuk menangkap suasana Nepal Van Java dengan baik, Kamera Drone adalah alat yang tepat. Kamera drone dapat terbang di langit, sehingga pemukiman penduduk akan terlihat bertingkat seperti di Nepal.

Melalui kamera drone, dimungkinkan untuk mendapatkan kombinasi pemandangan rumah dan latar belakang Gunung Sumbing. Namun, memotret Kebutuhan Dusun dari bawah juga tidak kalah bagusnya. Itulah sedikit review mengenai Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

taman bunga cihideung

Tiket Masuk Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung – Bandung memang mempunyai berbagai destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Apalagi rasanya belum lengkap  jika

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?