Sektor Pariwisata Indonesia – Setelah beberapa bulan mati suri sektor pariwisata akhirnya mulai bangkit di era yang baru atau yang sekarang kita sebut sebagai new normal. Diawali dengan pelonggaran terhadap kebijakan PSBB di berbagai wilayah Indonesia, akhirnya  sektor pariwisata pun bersiap untuk beroperasi kembali.

Seperti sebelumnya diketahui bahwa corona effect memberi pukulan telak terhadap pelaku usaha di sektor pariwisata. Banyak pelaku usaha pariwisata yang merumahkan karyawannya bahkan tidak sedikit yang gulung tikar

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk melakukan inovasi dan perbaikan di sektor pariwisata sehingga adanya perubahan tren di pariwisata global, Indonesia harus mampu beradaptasi. Peluang yang membuat sektor pariwisata optimis bangkit adalah karena keinginan masyarakat untuk berwisata dan liburan.

sektor pariwisata indonesia

Kebijakan Pemerintah untuk membuka beberapa objek wisata secara bertahap merupakan angin segar bagi para pelaku ekonomi di sektor pariwisata.

Para pelaku usaha pariwisata termasuk jasa sewa bus pariwisata Bandung berpendapat bahwa salah satu cara untuk membantu sektor pariwisata bangkit adalah peran media sosial. 

Media sosial memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi mengenai sektor pariwisata saat new normal seperti ini sehingga dapat mengembalikan tingkat kepercayaan wisatawan serta meningkatkan antusiasme masyarakat untuk traveling kembali ke sejumlah objek wisata yang ada di Indonesia.

Namun Dibukanya Objek Wisata Bandung juga harus mematuhi aturan protokol kesehatan yang meliputi :

Mengatur Jam Pelayanan

Sebelum pandemi Covid-19, pelayanan di industri pariwisata berlangsung non-stop, sepanjang hari dan tujuh hari. Di masa new normal, harus ada jeda waktu libur bagi tenaga kerja.

sektor pariwisata indonesia

Akomodasi

Jika sebelum Covid-19 wisatawan memilih akomodasi dengan harga kompetitif, pada masa new normal bisa memilih akomodasi yang menawarkan kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

Pengaturan Atraksi Wisata

Pengelola destinasi wisata yang hendak menggelar atraksi berupa pertunjukan atau lomba harus memastikan kapasitas pengunjung. Dipastikan pengunjung harus tetap berjaga jarak dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Jaga Jarak

Dibukanya objek wisata secara bertahap saat ini bukan berarti kita pada fase telah selesai dari pandemi ini. Roda sosial dan Ekonomi harus kembali bergerak, kita harus memulihkan Ekonomi Indonesia dan tetap menjaga kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?