fbpx

Serunya Wisata di Desa Cibuntu Kuningan 5/5 (1)

Wisata di Desa Cibuntu Kuningan – Kuningan tidak hanya terkenal akan Gunug Ciremainya yang gagah. Tepat di bawah kaki gunungnya, ada satu desa wisata yang tidak kalah memesona.

Desa itu dikenal dengan nama Desa Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Kuningan, Jawa Barat. Lokasi desa ini tepat berada di Kecamatan Pesawahan. Desa Wisata Cibuntu tidak hanya sekadar desa yang dijadikan tempat wisata.

Pasalnya, desa ini dinobatkan sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN di kategori homestay pada 2016 lalu. Lalu, Desa Wisata Cibuntu juga dinobatkan sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia pada 2017.

Wisatawan akan dibuat takjub ketika mengunjungi desa ini. Desa Wisata Cibuntu begitu bersih karena warganya bekerjasama merawat lingkungan, mulai dari rumah hingga kandang-kandang hewan peliharaan mereka.

Selain lingkungan yang bersih, Desa Wisata Cibuntu juga memiliki potensi alam, seperti Air Terjun Gongseng, Mata Air Kahuripan, Situs Saurip Kidul, dan bentang alam Gunung Ciremai yang masih asri.Desa wisata ini bisa pengunjung sambangi sendiri atau berkelompok. Setiap orang akan dikenakan tarif Rp 5.000. Apabila ingin merasakan mencicipi air alami yang segar langsung dari mata air, kita bisa berkunjung ke mata air Kahuripan.

Bagi penikmat trekking, Anda bisa jelajah lebih jauh hingga menemukan sebuah tebing yang letaknya tidak jauh dari Air Terjun Gongseng. Dekat tebing itu, ada gazebo yang dibangun masyarakat setempat. Anda bisa bersantai sembari menikmati pemandangan alam di sana.

Desa Wisata Cibuntu juga memesona karena keramahan warganya terhadap sesama manusia dan alam. Warga desa Cibuntu memang terkenal kompak dalam ikatan sosial sekaligus pelestarian alam lingkungannya. Mengunjungi Desa Wisata Cibuntu kuningan memang tidak cukup satu hari saja. Namun, jangan khawatir, warga menyediakan homestay dengan tarif mulai dari Rp 100.000 per malam.

Ada juga yang menawarkan paket tur dengan berbagai fasilitas lengkap.Selama masa pandemi, Desa Wisata Cibuntu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung mencuci tangan secara berkala, memakai masker, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

wisata desa cibuntu

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?