Stadion Persib Bandung merupakan kandang yang dipakai untuk menjamu para rivalnya di berbagai kompetisi sepak bola. Persib Bandung merupakan salah satu klub besar di kompetisi kasta pertama Liga Indonesia atau yang disebut Liga 1.

Sebagai klub yang cukup diperhitungkan, Persib tentu memiliki stadion tetap yang menjadi tempat menjamu para rivalnya. Sebagai  mana namanya, lokasi stadion Persib Bandung itu tentu berada di wilayah Bandung. Persib ternyata pernah memakai lebih dari satu stadion.

Stadion Persib Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Persib Gelora Bandung Lautan Api

Gelora Bandung Lautan Api atau yang disingkat GBLA menjadi markas utama klub berjuluk Pangeran Biru tersebut. Saat ini, Persib kerap menggunakan GBLA sebagai stadion pertandingan dalam kompetisi Liga 1 dan beberapa laga lainnya.

Terletak di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Gelora Bandung Lautan Api mampu menampung ribuan suporter Persib. Pasalnya, GBLA memiliki kapasitas sebanyak 38.000 penonton. Suasana GBLA pun menjadi yang tak pernah sepi karena antusias para pendukung Persib yang disebut Bobotoh.

Terlepas dari posisinya sebagai kandang Persib Bandung, GBLA sendiri dibangun pada Oktober 2009 dan mulai dibuka pada 2013 silam. GBLA mulai dipakai Persib Bandung pada 2014 hingga saat ini.

GBLA memiliki desain berstandar internasional. Rumput yang digunakan pada GBLA adalah jenis Zoysia Matrella (Linn) Mer yang merupakan rumput kelas satu standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Selain rumput, GBLA juga terdiri atas lapangan sepak bola, arena atletik, kantor, arena sirkulasi, tribun atap keliling, e-board, papan skor, juga kursi tahan api.

Selain fasilitas diatas, GBLA juga memiliki fasilitas ratusan buah toilet, ruangan VVIP untuk kelas presiden dengan kaca anti peluru. Dengan berbagai fasilitas mendukung GBLA dipilih oleh Persib Bandung menjadi salah satu markasnya dalam kompetisi Liga 1 musim 2019.

Selain GBLA, Persib juga menjadikan satu stadion lain sebagai tempat menggelar pertandingan pada musim Liga 1 2019. Stadion yang terpilih itu adalah Stadion Si Jalak Harupat.

Stadion  Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat merupakan stadion olahraga yang berada di desa Kopo dan Cibodas, Soreang , Kabupaten Bandung. Si Jalak Harupat menjadi kandang kedua Persib setelah Gelora Bandung Lautan Api di musim kompetisi Liga 1 musim 2019.

Dibuat pada 2003 dan dibuka pada 2005, Stadion Si Jalak Harupat pernah dipakai oleh beberapa klub di wilayah Bandung. Klub-klub tersebut adalah Persikab Bandung, Pelita Jaya, Pelita Bandung Raya dan Persib Bandung.

Berkapasitas 27.000 penonton, Si Jalak Harupat memiliki fasilitas yang mumpuni. Stadion Si Jalak Harupat menggunakan rumput Zoysia Matrella (Linn) Mer dan dilengkapi lampu lapangan berkekuatan 1.000 lux yang memungkinkan digelarnya pertandingan malam hari.

Si Jalak Harupat yang merupakan stadion Persib lainnya itu memiliki papan skor elektronik, lintasan atletik dengan jumlah 8 trek, fasilitas komersil dan penunjang seperti toilet, ruang ganti pemain dan sebagainya.

Dalam sejarahnya, Stadion Si Jalak Harupat pernah dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan ajang sepak bola Asia Tenggara, Piala Suzuki AFF 2008 silam. Si Jalak Harupat digunakan saat pertandingan penyisihan grup hari terakhir yang harus digelar bersamaan dengan pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi yang terletak di Jalan Lombok Bandung dan milik Kodam III/Siliwangi ini juga pernah menjadi salah satu kendang Persib Bandung. Dengan kapasitas 40.000 penonton, Stadion Siliwangi pernah dipadati Bobotoh pada tahun 1987.

Tapi pada musim kompetisi Liga 1  saat ini, Persib tak lagi menggunakan Stadion Siliwangi untuk melaksanakan pertandingan. Namun, beberapa waktu lalu sempat ada wacana jika Stadion Siliwangi akan menjadi tempat latihan bagi Persib Bandung.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

×
CS 2 : Ada yang bisa kami bantu ?

Fast Response

WhatsApp Logo CS 1 : Ada yang bisa kami bantu ?