Study Tour Ke Bandung Paling Cocok Ya di Museum Geologi

Memang Kota Bandung itu sempurna, selain kota yang melahirkan beragam objek wisata yang menarik ternyata Bandung juga dapat dikatakan sebagai kota study atau pendidikan. Hal tersebut dibuktikan bahwa banyaknya Perguruan Tinggi yang terbaik itu lahirnya di Kota Lembang Bandung. Namun untuk wisatawan, Bandung juga dapat digunakan sebagai study tour. Hal ini bisa dibuktikan bahwa banyaknya para siswa yang dimulai dari siswa SD sampai mahasiswa menjalankan Study Tour Ke Bandung. Banyak instansi pendidikan memilih Study Tour Ke Bandung karena di Lembang Bandung ini terdapat begitu banyak lokasi wisata yang dapat digunakan untuk berwisata sambil belajar. Salah satunya ialah wisata di Museum Geologi.

Museum Geologi di Bandung ini merupakan museum dengan bangunan paling bersejarah di Bandung. Maka jangan heran bila pengunjung dalam negeri maupun luar negeri berkunjung ke Museum Geologi. Bahkan Museum Geologi dijadikan tempat wisata yang paling dikunjungi oleh siswa-siswa ketika menjalankan Study Tour Ke Bandung karena Museum Geologi sangatlah bermanfaat untuk pengetahuan dan pendidikan para siswa agar mengetahui nilai-nilai pra sejarah tentang pelestarian dan kehidupan alam. Koleksi benda yang ada di Museum Geologi yakni Mineral , Fosil dan Bebatuan. Selain itu para pengunjung juga bisa mempelajari beragam hal yang kaitannya dengan bumi, bencana alam, cara memanfaatkan SDA dan mengolah energi yang benar serta lain sebagainya.

Tampilan Museum Geologi jika dilihat dari luar memang seperti gedung biasa, tetapi jangan salah karena didalamnya tersimpan beribu-ribu benda bersejarah dan belum tentu bisa sobat temukan ditempat wisata lainnya. Museum geologi dibagi jadi dua lantai dengan koleksi dan fungsi yang juga berbeda-beda di setiap ruangan dan lantai. Di Lantai Pertama, dibagi jadi tiga ruangan yang utama yaitu ruangan bagian tengah, timur dan barat. Ruangan bagian tengah terdapat pelayanan yang memberikan informasi terkait Museum Geologi dan tersedianya layanan penelitian atau pendidikan serta terdapat animasi sistem geologi di layar lebar. Sementara ruangan bagian barat disebut ruang geologinya Indonesia karena di dalamnya telah disajikan hipotesis bagaimana terbentuknya Bumi, Fosil manusia purba dan bagaimana keadaan geologinya Indonesia.

Untuk ruangan bagian timur dijadikan ruangan sejarah tentang bagaimana perkembangannya makhluk hidup  yang terlahir dari zaman primitif sampai terlahir dari zaman modern dengan mendiami bumi. Disini sobat juga menemukan replika fosil tengkorak dari manusia-manusia purba. Di Lantai Kedua, juga dibagi jadi 3 ruangan yakni ruangan tengah, barat dan timur. Untuk ruang tengah dan timur dipakai untuk ruangan geologinya kehidupan manusia, ruangan barat digunakan untuk staff Museum Geologi. Ruangan timur dibagi tujuh bagian, pertama dijadikan sebagai ruangan yang menyajikan informasi terkait manfaat dan keuganaa batu atau mineral untuk manusia. Kedua, digunakan untuk menampilkan rekaman aktivitas eksploitasi dan eksplorasi dari sumber daya mineral.

Ketiga, berisikan informasi tentang bagaimana pemanfaatan atau penggunaan mineral. Keempat, ruangan khusus pengelolaan mineral dan komodity energy. Kelima, ruangan untuk membagi informasi terkait beragam jenis bahayanya geologi. Keenam, ruangan untuk memperlihatkan informasi terkait aspek positifnya geologi. Ketujuh, ruangan yang di desain khusus untuk menjelaskan beragam informasi bagaimana pemanfaatan sumber air untuk kehidupan. Sementara untuk ruangan tengah di lantai II, diberikan informasi terkait pengolahan tambang emas terbesar di dunia dan diberikan miniatur tentang bagaimana pengeboran minyak bumi serta gas bumi. Sedangkan ruangan barat di lantai II, dikhususkan untuk ruang staff Museum Geologi.

 

 

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?