fbpx

Tips Berkendara di Jalan Tol – Mengemudi di jalan tol adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan Anda dengan lebih cepat. Karena dalam keadaan normal, jalan tol biasanya lebih mulus dibanding jalan umum. Sekalipun jalanan lebih sepi, ini tidak berarti bahwa pengemudi dapat mengemudikan mobil dengan leluasa seperti di jalan tol.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam berkendara di jalan tol. Berikut merupakan tips berkendara di jalan tol :

1. Menjaga Kecepatan Kendaraan

Dengan menjaga kecepatan kendaraan. Berbeda dengan jalan umum, kecepatan kendaraan di jalan tol relatif konstan. Hal ini sering mengakibatkan pengemudi kehilangan kendali karena mengemudikan kendaraan terlalu cepat. 

Ada aturan batas kecepatan maksimal dan minimal yang harus dipatuhi. Nilai batas ini dihitung untuk menjamin keamanan kendaraan roda empat. Sehingga pengemudi merasa nyaman saat melintas baik dalam kondisi kering maupun basah.

Agar aman maka berkendara disarankan menggunakan speed limit yang diperbolehkan.

2. Sesuaikan Lajur yang Dipilih

Pengendara juga harus mengatur lajur yang dipilih / ditentukan. Ada tiga lajur umum di jalan tol. Jalur kanan digunakan untuk menyalip, jalur tengah untuk mengemudi normal dan jalur kiri untuk truk dan bus.

Sesuaikan kecepatan lajur yang anda pilih dan gunakan lajur sesuai dengan fungsi lajur di jalan tol.

  1. Bahu Jalan Hanya untuk Keadaan Darurat

 

Gunakan bahu hanya dalam keadaan darurat. Perhatikan bahwa bahu jalan tidak diperbolehkan menyalip kendaraan. “Pengemudi tidak boleh menepi atau berhenti di bahu jalan, jika tidak dalam situasi urgent. Sebaiknya berhenti di lokasi yang tersedia, misalnya. rest area.

 

  1. Jaga Jarak Aman

Kecelakaan yang terjadi di jalan tol terutama kecelakaan beruntun merupakan akibat dari pengendara tidak bisa menjaga jarak aman.

Pengendara bisa memberi jarak sekitar 3 detik dari mobil didepan, dan jarak 3 detik ini merupakan jarak aman agar anda dapat melakukan reflek untuk menghindar bila terjadi sesuatu di depannya.

  1. Bagi Pemula Pilihlah Jalur Tengah

Jalur tengah adalah rute yang bagus untuk pemula dan mengemudi dengan kecepatan sedang. Mode ini dimungkinkan saat Anda ingin menyetir tanpa mengganggu mobil berkecepatan tinggi.

  1. Hindari Menggunakan Alat Komunikasi 

Jangan menjawab panggilan telepon, mengetik pesan SMS, atau menggunakan handphone atau perangkat komunikasi lain. Jika Anda mengemudi dengan penumpang, Anda dapat meminta bantuan untuk menjawab telepon atau memutar lagu di pemutar musik Anda. Terakhir, cobalah untuk tetap fokus dan jangan sampai mengantuk.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?