Tips Keluar Rumah Saat New Normal – Memang saat masa pandemic covid-19 ini lebih baik berada di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertular nya Covid-19. Mungkin saja kita tidak terkena jangkitan virus covid-19, namun bisa saja malah kita yang habis bepergian keluar rumah, anggota keluarga kita yang malah tertular virus covid-19 yang menempel pada pakaian maupun tubuh kita. 

Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan bukan oleh kita semua? Maka dari itu, solusi terbaiknya ialah dengan tetap berada di dalam rumah.

Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini sektor perekonomian perlahan mulai dibuka kembali. Kantor-kantor serta sekolah atau pendidikan juga, perlahan mulai berjalan seperti sedia kala. Walaupun masih ada sekolah yang menerapkan sistem belajar online, namun tak sedikit sekolah yang sudah menjalani aktivitas seperti biasanya pada saat pandemi ini belum ada di Negara tercinta kita ini. 

Hal ini wajar saja karena saat ini, Negara kita tengah menerapkan konsep tatanan hidup baru yang dinamakan dengan sebutan ‘new normal’. Dengan adanya peraturan baru dari new normal ini, sudah pasti membuat setiap orangnya harus bisa beradaptasi lagi.

Lalu, apakah dengan adanya new normal ini berarti virus covid-19 sudah pergi dari Negara ini? Sayangnya virus ini masih betah berlama-lama di Negara kita yang tercinta ini. Walaupun begitu, penyebarannya sudah tidak seluas yang dulu karena Negara kita sebelumnya telah menerapkan sistem PSBB. 

tips keluar rumah

Untuk itu, dalam memulihkan sektor perekonomian yang mulai perlahan runtuh ini ialah dengan cara menerapkan sistem new normal secara perlahan. Tentunya new normal ini dijalankan untuk daerah atau wilayah yang sudah tidak merah lagi atau tidak parah dalam paparan virus ini.

Nah, untuk kalian semua yang ingin bepergian keluar dari rumah di masa new normal ini, harus tetap selalu menerapkan protokol kesehatan yang ada demi mencegah hal yang tidak diinginkan. Berikut ini ada beberapa tips keluar rumah saat new normal yang bisa kalian terapkan supaya lebih safety lagi terhadap diri sendiri dan orang sekitar.

Pakailah Masker Setiap Berada di Luar Rumah 

Tips yang pertama ialah untuk selalu memakai masker saat berada di luar rumah. Lalu bagaimana untuk kalian yang berada di sekolah atau kantor? Tetap saja, lebih baik untuk selalu memakai masker baik di sekolah atau kantor sekalipun.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran dari virus ini karena tentunya kita semua tidak tahu siapa orang yang sudah terinfeksi, barang apa yang terkena virus ini, dan lain sebagainya. Maka dari itu, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cucilah Tangan Sesering Mungkin dan Bawalah Selalu Hand Sanitizer

tips keluar rumah

Tips yang kedua saat keluar rumah di era new normal ini adalah untuk selalu mencuci tangan dan selalu bawalah selalu hand sanitizer. Kenapa? Karena dengan mencuci tangan sesering mungkin, misalnya saat tak sengaja bersentuhan dengan benda umum, kita pastinya tidak tahu apakah benda itu telah steril dari virus atau belum bukan? Maka dari itu, dengan mencuci tangan sesering mungkin adalah salah satu usaha diri sendiri agar tidak terjangkit virus tersebut.

Untuk kalian yang tidak menemukan tempat cuci tangan saat berada di luar atau tempat umum lainnya, kalian bisa menggunakan hand sanitizer yang nyatanya cukup ampuh membuat kuman di tangan mati.

Dengan selalu membawa hand sanitizer saat bepergian kemanapun ini, pastinya membuat kita lebih safety terhadap diri sendiri. Satu hal lagi yang harus diingat yaitu untuk jangan sampai menyentuh wajah kita sendiri saat tangan belum dicuci dengan benar. Jadi, usahakan selalu untuk jarang menyentuh wajah kalian, ya, saat berada di luar rumah dalam keadaan tangan yang belum disterilkan.

Usahakan Untuk Menghindari Kerumunan / Keramaian Umum

Jangan lupa jika berada di luar rumah, untuk selalu menghindari kerumunan atau keramaian umum. Karena dengan tetap menjaga jarak antara orang lain saat berada di muka umum, sama halnya seperti kita ikut membantu dalam meminimalisir penularan virus covid-19 ini.

Jika kalian yang terpaksa harus menggunakan transportasi umum pun sebenarnya tetap diperbolehkan. Hanya saja, untuk selalu memilih transportasi umum yang tidak terlalu penuh demi menjaga diri sendiri dari hal yang tidak diinginkan tersebut.

Hindarilah Menyentuh Benda-Benda yang Ada di Fasilitas Umum

Tips selanjutnya ini jangan sampai kalian lewatkan, ya! Yap, jangan lupa juga untuk menghindari kontak langsung dengan benda-benda yang ada di fasilitas umum. Hal ini sangat harus kalian lakukan karena pada dasarnya kalian semua tidak tahu siapa orang yang sudah menyentuh benda tersebut. Hal yang tidak diinginkan jika orang yang terkena virus tersebut menyentuh benda itu yang nantinya malah ikut tersentuh oleh kalian.

Pastinya kalian semua tidak ingin jika pulang-pulang ke rumah membawa virus atau malah kalian sendiri yang terkena paparannya. Maka dari itu, usaha yang harus dilakukan demi menjaga diri sendiri dan keluarga yang ada di rumah ialah untuk tidak menyentuh benda-benda yang ada di fasilitas umum.

Lalu, bagaimana jika sudah tersentuh? Cara terakhir yang dapat dilakukan sebagai benteng kesehatan diri sendiri ialah dengan cepat-cepat mencuci tangan atau tidak langsung menggunakan hand sanitizer. Cara ini adalah cara terakhir kita untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita semua lakukan saat berada di luar rumah di tengah era new normal ini. Menjaga lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, terapkan selalu protokol kesehatan yang ada demi melindungi diri sendiri dan orang lain dari jangkitan virus tersebut. Tetap safety selalu, ya, guys!

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?