fbpx

Tips  Merawat Bus Pariwisata – Bus merupakan salah satu pilihan angkutan darat terbaik selain kereta api untuk mudik Lebaran tiap tahunnya. Oleh karena itu, kesiapan teknis dan kondisi bus harus diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah selama perjalanan.

Karena moda transportasi ini begitu penting dan memiliki daya angkut yang besar, pemerintah mengimbau seluruh operator bus meningkatkan perawatan bus agar perjalanan pulang aman dan nyaman.

Bagi Anda yang memiliki transportasi bus atau menyediakan fasilitas persewaan bus untuk keperluan perjalanan mudik dan pariwisata, berikut ini beberapa tips agar bus Anda tetap aman dan nyaman saat di perjalanan :

1. Periksa Semua Fasilitas Bus

Fasilitas bus sering digunakan baik untuk perjalanan jauh maupun dekat, yang merupakan aspek penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat bepergian. Oleh karena itu, selalu cek dan rawat semua fasilitas bus agar semua fungsi berfungsi dengan baik.

  • Posisi duduk jok harus bisa berfungsi dengan baik
  • AC yang bisa digunakan, tergantung fungsinya, untuk mendinginkan ruangan
  • Fasilitas hiburan seperti TV, DVD, dan karaoke dapat digunakan tanpa masalah
  • Kondisi toilet menyediakan fungsi yang tepat
  • Peralatan elektronik lainnya seperti dispenser, charger, dan router WiFi dapat digunakan dengan baik.
  • Ada item untuk situasi darurat dan kotak pertolongan pertama (P3K)

2. Cek Komponen Operasional Armada

Pengecekan kondisi komponen operasional bus sangat penting dilakukan karena terkait langsung dengan keselamatan penumpang

  • Periksa bagian-bagian mesin bus yang diawali dengan bagian terkecil seperti baut dan mur, dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang, bensin, oli atau air.
  • Pengecekan kondisi rem sangatlah penting. Dimulai dengan fungsi rem dan sistem rem. Kerusakan rem yang salah bisa menjadi penyebab utama kecelakaan. Tabrakan terakhir di ruas jalan Cipularang yang melibatkan 24 kendaraan. Kerusakan rem diklaim menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik.
  • Kondisi ban juga harus diperiksa. Pasalnya, ban juga bisa menyebabkan kecelakaan jika mengalami defisiensi atau penipisan. Beberapa permasalahan yang dapat ditemui akibat permasalahan ban adalah: Ban yang macet, tergelincir bahkan hingga meledak saat digunakan Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.
  • Periksa instalasi listrik yang dipasang di armada bus. Termasuk kondisi pencahayaan untuk lampu dan kabel yang telah dipasang sebelumnya. Hindari korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran. Kondisi cahaya sangat penting terutama untuk perjalanan malam hari. Selain itu, lampu sein harus digunakan dengan benar untuk mencegah benturan.
  • Periksa oli mesin secara teratur. Hal tersebut karena sangat mempengaruhi keselamatan operasional mesin sehingga mesin kendaraan dapat berjalan dengan baik.

3. Selalu Sigap dalam Menangani Berbagai Kerusakan Sekecil apapun

Perawatan yang tepat juga mencakup respons untuk menangani kerusakan sekecil apapun. Karena jika tidak ditangani, kerusakan yang kecil dan bisa sangat serius.

Setelah kerusakan terdeteksi, perbaiki secepat mungkin. Atau buat jadwal perbaikannya jika perlu di service besar agar armada bus wisata bisa tetap terjaga kinerjanya.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?