fbpx

Wisara Horor Batu LemoWisara Horor Batu Lemo – Kuburan Tana toraja merupajan salah sa tu tempat angker di Sulawesi Selatan. Meski terkenal angker, kuburan Tana Toraja jadi objek wisata favorit lokal dan mancanegara. Banyak dari mereka yang penasaran dengan nuansa horor di kuburan ini.

Toraja identik dengan keunikan budayanya dalam hal menghormati kematian seseorang, baik dalam bentuk upacara adat ataupun penguburannya.

Ada beberapa tipe penguburan disan, yakni kuburan gantung, gua, pahat, tanah dan patane (ruangan yang dibuat seperti rumah untuk menyimpan peti mayat). Dari sekian banyak keunikan cara penguburan ini, engga heran kalau Kuburan Tana Toraja jadi wisata horor yang memukau sekaligus bikin merinding.

Objek wisata Batu Lemo merupakan tempat pemakaman umum yang digunakan orang Toraja. Wujudnya berupa batu-batu berukuran besar yang dilubangi sedemikian rupa hingga membentuk sebuah ruangan. Ruangan inilah yang digunakan untuk meletakkan Peti-peti dari satu rumpun keluarga.

Lubang ini diberi pintu kayu atau bambu sebagai penutup. Tapi ada juga, lho yang tidak ditutupi sehingga peti, tengkorak, bahkan tulang belulang bisa terlihat jelas kalo liang batu ini berada di sisi jalan. Gimana tidak merinding coba ?
Saat berkunjung ke Kuburan Tana Toraja, kamu akan melihat pintu bagian luar yang dipasangi foto, karangan bunga, sesajen, hingga barang kepunyaan jasad yang dikuburkan di dalamnya.

Selain itu, di sekitarnya juga terdapat patung-patung manusia yang dibuat sebagai simbol orang yang disemayamkan di kuburan tersebut. Patung-patung tersebut disebut Tau-Tau. Menurut cerita masyarakat sekitar, agar seseorang yang sudah meninggal bisa dibuatkan Bau-bau, maka pihak keluarga harus melaksanakan upacara Rambu Solo dengan mengorbankan minimal 24 Kerbau yang harga satu kerbaunya bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta, lho!

Orang Toraja punya cerita istimewa dan unik untuk menunjukkan penghormatan terakhir kepada orang tercinta. Orang Toraja yang tinggal di Makale, misalnya mereka percaya banget jika letak makam seeorang lebih tinggi, maka orang tersebut semakin dekat dengan Tuhan.

Nah, oleh karena itu, masyarakat di sana membangun makam di atas tebing batu yang dikenal dengan nama Kuburan Tana Toraja atau Makam Batu Lemo. Gimana kalian tertarik Wisata Horor di Kuburan Tana Toraja ?? semoga bisa menjadi referensi kalian untuk berwisata . let’s find and explore !!

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?