Ada kisah tentang sebuah lagu lama, judulnya tentang Bandung Selatan. Lagu itu begitu syahdu, apalagi kalau pas didengerin pada malam hari.

Kalau direnungi, lagu itu seakan menceritakan tentang panorama Bandung Selatan yang begitu indah. Dalam catatan seorang colonial Belanda, mengisahkan, “ Parahyangan dicuptakan Tuhan dalam keadaan tersenyum”.  Penjajah ini tidak salah, mengingat alam Bandung begitu indahnya.

Salah satu keindahan yang luar biasa, bisa anda dapatkan jika berwisata ke Bandung Selatan. Salah satu lokasi yang luar biasa adalah Pangalengan, sebuah kota kecil nan dingin diujung selatan Bandung.

Untuk pergi  ke Pangalengan bisa kita tempuh dari kota Bandung sejauh 40 km arah selatan. Jika anda menggunakan kendaraan umum, bisa naik kendaraan dari terminal Leuwi Panjang, sebuah terminal bis antar kota yang ada di tengah kota Bandung.

Kendaraan yang membawa ke Pangalengan berupa bus sedang dan besar, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari kota Bandung.

Jalan menuju Pangalengan melewati daerah Dayeuhkolot, Bale Endah, Banjaran dan kemudian masuk ke Pangalengan. Melalui jalur yang berkelok-kelok dengan hamparan gunung nan hijau menyejukkan mata.

Jika anda membawa kamera dan membawa motor atau mobil sendiri, anda bisa jalan santai, selagi ada obyek menarik anda bisa hunting foto.

Kebun Teh Kertamanah

Salah satu tujuan wisata yang menarik, sesampai di pasar Pangalengan anda bisa terus melanjutkan kea rah perkebunan The Kertamanah. Sebelum masuk perkebunan, ada pertigaan jalan, anda mengambil arah kiri atau masuk pintu gerbang perkebunan Kertamanah.

Dari pertigaan, bisa masuk sejauh 5 km dan anda akan menemui indahnya panorama yang luar biasa. Jalannya mulus dan sangat bagus untuk tea walk bersama keluarga.

Dari perkebunan the Kertamanah, akan tampak kepulan asap yang berasal dari pembangkit listrik geo thermal. Asapnya membumbung tinggi ke udara. Asap ini seringkali terlihat dari Bandung saat pagi hari menjulang ke langit.

Sekitar geo termal ada taman dan tanah lapang yang dikelilingi perkebunan teh, sangat nyaman digunakan untuk rehat.

Jika anda berkeinginan untuk masuk lebih dalam ke perkebunan Teh anda bisa masuk menggunakan mobil atau motor. Pemandangannya luar biasa indah, kalau pas pagi hari anda dapat hunting foto dengan sangat baik.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?