fbpx

Wisata Kota Lama SemarangWisata Kota Lama Semarang – Kota semarang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah yang menjadi salah satu pusat tujuan wisata terbaik wisatawan lokal maupun internasional.

Salah satu objek yang terkenal adalah Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan yang penuh dengan bangunan-bangunan era kolonial.

Uniknya, walaupun bangunan-bangungan ini sudah berusia 200-300 tahun, banyak diantaranya yang masih dalam kondisi sangat baik dan berfungsi normal.
Dikawasan Kota Lama Semarang kita bisa menikmati bangunan-bangunan dengan arsitektur era kolonial yang kental. Terlihat juga pada bagian jalan yang tidak diaspal melainkan menggunakan tehel yang memang semenjak dulu menjadi ciri khas kawasan Kota Lama Semarang.

Dalam kawasan KOta Lama tersebut masih ada beberapa bangunan yang menjadi ikonik.
Bangunan ikonik itu anatara lain Gereja Blenduk yang dibangung abad 18 dan Jembatan Mberok yang dibangun pada abad ke 17.

Beberapa bangunan lama era kolonial juga ada yang dialihfungsikan untuk kantor, seperti Gedung Balai Kota yang kini menjadi Gedung Keuangan PAPAK. Juga Gedung Gouverment yang awalnya merupakan Gedung Societiet De Harmonie yang kini menjadi Bank Mandiri KC Mpu Tantular.

Kawasan Kota Lama Semarang merupakan BLok kawasan yang ada di tepi Sungai Mberok. Secara administratis kawasan ini masuk dalam wilayah Tanjung Emas, Kecamatan Semaranng Utara, Kota Semarang. Untuk masuk ke area Kota Lama Semarang, pengunjung tidak dipungut biaya, alias gratis yaah.

Namun bukan berarti uang tidak diperlukan saat berwisata di sini. Pengunjung sebaiknya juga menyiapkan uang untuk bisa menggunakan fasilitas berbayar seperti sewa sepeda onthel dan sewa vespa. Demikian juga untuk mengunjungi objek berbayar seperti musium 3D dan Cafe-Cafe beraksitektur kolonial.

Fasilitas publik pendukung wisata Kota Lama Semarang ini terbilang lengkap dan baik. Fasilitas Mushola, Jalan, Toilet sampai tempat sampah tersedia dalam jumlah memadai dan dengan kondisi baik. Fasilitas berbayar seperti Rumah Makan, juga tersedia. Bahkan untuk cafe tempat makan dan minum di kawasan ini tergolong unik.

Karena selain sebagai tempat makan dan minum, bangunan cafe itu sendiri adalah sebuah objek wisata, karena dibangun dengan mengalihfungsikan Gedung-Gedung tua.


Wisatawan yang ingin bersepeda keliling Kota Lama Semarang dapat langsung berkunjung ke tourist Information di Gedung Popo. Gedung ini berada di jalan Branjangan, bersebrangan dengan Dream Museum Zone (DMZ). Dengan menggunakan sepeda onthel, wisatawan dapat berkeliling Kota Lama. menggunakan sepeda, pengunjung dapat melintasi jalur yang telah ditentukan. Perjalanan dimulai dari Monod Diephuis, Gereja Blendhuk, Jembatan Mberok, Jalan Empu Tantular, Marabunta, jalan Letjen suprapto dan kembali ke titik awal.

Kota Lama memiliki banyak tempat bersejarah bergaya zaman kolonial, yang dapat menjadi latar foto. Ada beberapa spot foto yang direkomendasikan untuk kalian bisa berselfie ria dengan teman, sahabat , keluarga dan pasangan kalian yang berhasil di jamin menghasilkan foto yang layak di upload di media sosial kita, yaitu Gereja Blenduk, Taman Srigunting, 3D Trick Art Museum, cafe dengan bangunan otentik, Semarang Contemporary Art Gallery, Pasar Klitikan KOta Lama.
Ini lah sekilas INfo jika kita ingin berwisata ke Kota Lama Semarang .Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi liburan kalian saat ini. let’s find and Explore!

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?