fbpx

Keindahan panorama alam terhampar di Curug Cipurut, salah satu tempat wisata di Purwakarta yang pantang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di kaki gunung Burangrang, atau berjarak 30 km dari kota Purwakarta.Tempat wisata air terjun ini menawarkan 3 curug, satu yang paling tinggi memiliki ketinggian 25 meter, sedangkan 2 lainnya lebih landai.Tempat wisata ini mudah diakses baik dengan angkutan desa maupun kendaraan pribadi. Keindahan alam yang disuguhkan di tempat wisata ini sangat pas untuk kegiatan camping, bertualang, juga fotografi.

Curug Cipurut merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Air terjun ini adalah bagian dari kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang.

Lokasi curugnya cukup tersembunyi dan membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk bisa dicapai. Namun, ternyata letaknya relatif dekat dari jalan raya. Dilengkapi area perkemahan yang nyaman, Cair terjun ini bisa jadi destinasi menarik untuk wisata keluarga maupun kerabat.
Perjalanan ke Curug Cipurut diawali dari jalur trekking dari area parkir. Pengunjung harus menyusuri jalan setapak sempit untuk bisa sampai ke lokasi curug. Jalan ini berupa tanah merah yang akan licin ketika hujan tiba.

Jarak yang akan ditempuh kurang lebih sekitar 1 kilometer. Rute ini akan membawa pengunjung melintasi hutan Gunung Burangrang. Selain itu, pengunjung juga akan melewati kawasan perkebunan teh.

Jalur trekking selain masih berupa tanah, juga melewati daerah berkontur curam. Sangat disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung atau sepatu olahraga. Jalurnya yang menantang juga cocok bagi pecinta olahraga sepeda.

Pengunjung dapat berhenti sejenak dan beristirahat di tengah jalan. Nikmati keindahan panorama kebun teh di sekeliling yang menyegarkan sambil melepas lelah. Sambil menghirup udara segar dataran tinggi, kumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan.
Daya tarik Curug Cipurut lainnya adalah aliran air yang jernih serta telaganya yang dangkal. Lokasi jatuhan air terjun ini didominasi oleh bebatuan sungai berbagai ukuran. Anak-anak hingga orang dewasa bisa dengan santai bermain air di dekat curug maupun di sungai sekitarnya.

Uniknya lagi, terdapat bagian air terjun di tingkat terbawah yang meluncur di batuan landai. Bagian ini seringkali dianggap “perosotan” alami dan dipakai untuk seluncuran oleh pengunjung.

Lokasi Curug Cipurut
Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat melalui rute dari Kota Purwakarta ke Kecamatan Wanayasa, kemudian ke Kecamatan Bojong. Saat bertemu pertigaan, belokkan kendaraan ke kiri menuju Desa Sumurugul.

Bagi yang memilih menggunakan angkutan umum, gunakan transportasi dari Kota Purwakarta ke Terminal Simpang. Dari sini, pilih angkutan jurusan Wanayasa hingga tiba di terminal. Dari Terminal Wanayasa, wisatawan tinggal menggunakan angkutan desa atau ojek yang membawa hingga ke gerbang kawasan Curug Cipurut di Desa Sumurugul.

 

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?