fbpx

Wisata Purwakarta Gunung Bongkok 5/5 (1)

Wisata Purwakarta Gunung Bongkok – Pendakian gunung memang selalu menjadi cerita indah tersendiri. Demikian pula dengan Gunung Bongkok ini. Apalagi semenjak dipopulerkan film 5 cm, kegiatan mendaki gunung mewabah menjadi trend di kalangan anak muda.

Pendakian gunung bongkok bukan gunung paforit di kalangan anak Mapala, seperti pendakian gunung-gunung di jawa tengah. Namun bukan berarti mendaki gunung di Purwakarta ini tidak menyenangkan. Justru di sinilah daya tarik pendakian gunung ini.

Sebagai gunung dengan ketinggian hanya 900-an meter, pendakian gunung bongkok lebih mendekati hiking dari pada mendaki. Sehingga cocok untuk semua kalangan, termasuk pengunjung yang tidak punya kemampuan ideal untuk mendaki gunung. Waktu pendakian gunung ini hanya sekitar 1 jam saja.

Gunung bongkok terkenal dengan kepemilikan 2 puncak. Masing-masing puncak memiliki karakter yang berbeda. Namun keduanya sama-sama unik dan mempesona untuk dinikmati keindahan pemandangannya.

Secara keseluruhan Pendakian Gunung bongkok cocok dilakukan sebagai perjalanan wisata. Tanpa perlu menyediakan waktu khusus dan persiapan khusus layaknya pendakian gunung merapi di jawa tengah. Singkatnya, pendakian ini sesuai sebagai kegiatan wisata akhir pekan, atau pengisi hari libur pendek.

Legenda Gunung Bongkok

Menurut cerita masyarakat lokal, katanya Gunung ini bisa menjadi Bongkok akibat di duduki dalam kurun waktu yang lama oleh Jongkrang Kalapitung. Jongkrang Kalapitung adalah seseorang yang memiliki kesaktian meloncati gunung demi gunung, mulai dari Gunung Cupu, kemudian Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

Gunung Bongkok adalah salah satu gunung yang menjadi tempat saat Jongkrang Kalapitung sedang memancing di Sungai sekitar Jatiluhur. Jonggrang Kalapitung memancing sembari dikeliling dan disaksikan oleh seluruh warga kampung di sekitar sungai tersebut. Jonggrang Kalapitung berdiri begitu gagahnya, badannya yang besar memenuhi tempat tersebut. Kakinya yang sebelah menginjak gunung, dan yang satunya lagi menginjak pohon bungur yang sangat besar.

Selama sebulan, dia berdiam di tempat itu sambil memancing. Sampai – sampai gunung yang diinjak tersebut menjadi bongkok serta pohonnya pun hampir mati. Akhirnya gunung teersebut dinamai Wisata Purwakarta Gunung Bongkok.

Sampai saat ini di dekat puncak datar, ada jejak tapak kaki besar. Konon itu adalah milik Jongkrang Kalapitung.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?