Banyak sekali peninggalan sejarah yang ada di seluruh penjuru Indonesia dan menjadi destinasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi, salah satunya peninggalan sejarah di Provinsi Jawa Barat. Peninggalan- peninggalan di provinsi  tersebut memiliki banyak cerita sejarah yang cukup unik dan menarik. Maka dari itu wisata sejarah Jawa Barat selalu ramai dengan pengunjung baik wiasatan lokal maupun luar kota.

Peninggalan Bersejarah di Jawa Barat yang Wajib Anda Ketahui

 

Istana Bogor

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam istana Kepresidenan yang ada di Indonesia, dimana istana ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi presiden atau wakil presiden beserta keluarganya setelah Indonesia merdeka. Istana Bogor memiliki luas sekita 28,86 hektar dan terletak di pusat Kota Bogor.

Pada awalnya, gedung tersebut digunakan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jendral Hindia Belanda. Bahkan gedung ini pernah dihuni oleh sebanyak 44 Gubernur Jendral Hindia Belanda sebelum gedung tersebut di serahkan kepada Pemerintahan Republik Indonesia pada akhir tahun 1949.

 

Istana Cipanas

Istana Keprisidenan Cipanas merupakan wisata sejarah Jawa Barat yang didirikan oleh an Heots pada tahun 1740 di Cianjur. Dari semenjak pendirian istana ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan persinggahan. Istana Cipanas merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi.

Selain memiliki cerita sejarah yang wajib Anda ketahui,  Istana Keprisidenan ini memiliki daya tarik sendiri karena keindahan alam disekitarnya. Sehingga para pengunjung akan merasa nyaman saat berada di kawasan tersebut.

 

Gedung Bank Indonesia

Gedung Bangunan Indonesia merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Jawa Barat. Gedung ini masih berdiri kokoh sejak zaman penjajahan Belanda hingga saat ini dan terletak di Kota Cirebon. Sebelum digunakan sebagai Bank Indonesia, gedung ini merupakan salah satu kantor cabang ke-5 dari De Javasche Bank (DJB).

Berdasarkan Undang- Undang Pokok Bank Indonesia pada tahun 1953, De Javasche Bank diganti namanya menjadi Bank Indonesia yang tugas utamanya dalam bidang moneter, perbankann dan juga untuk sistem pembayaran hingga saat ini.

 

Rumah Penculikan Soekarno – Hatta di Rengasdengklok

Sebelum masa proklamasi kemerdekaan, Soekarno- Hatta pernah diculik oleh pemuda dan diasingkan ke sebuah rumah di Rengasdengklok. Pemilik rumah yang di singgahi oleh Soekarno- Hatta bernama Djiauw Kie Siong, beliau merupakan salah satu pasukan Pembela Tanah Air (PETA).

Sampai saat ini semua bangunan masih dalam kondisi asli, mulai dari bahan bangunan dan semua perabotan yang digunakan pada waktu itu kecuali ranjang yang berada di kamar Bung Karno, karena telah dibawa ke museum di Bandung. Dalam rumah tersebut, diruang tamu juga terpasang sejumlah foto soekarno beserta Kie Siong. Termasuk foto megawati dan Jokowi saat berkunjung ke rumah tersebut.

 

Terowongan Lempengan

Terowongan Lempengan merupakan salah satu wisata sejarah Jawa Barat yang dikenal sebagai terowongan kereta api tertua di Indonesia.Terowongan Lempengan terletak di daerah Cianjur dan merupakan terowongan kereta yang pertama kali dibangun di Jawa Barat.

Dari cerita- cerita sejarah yang disampaikan oleh masyarakat, ada kisah misterius yang pernah terjadi di Terowongan Lempengan. Konon pada saat peresman terowongan tersebut, ada seorang ronggeng terkenal yang diundang untuk menghibur yang bernama Nyi Sadea.

Pada saat pertunjukan tersebut berlangsung, seorang opsir Belanda mengajak Nyi Sadea untuk pergi kedalam terowongan tersebut. Namun semenjak kepergian tersebut, maka opsir Belanda dan Nyi Sadea tidak pernah kembali sampai saat ini. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Nyi Sadea diperistri oleh mahluk halus penghuni terowongan.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

CS 2 : Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by

Fast Response

WhatsApp Logo CS 1 : Ada yang bisa kami bantu ?