Wisata Situ Patenggang – Bandung merupakan Ibukota Jawa Barat yang memiliki beragam destinasi wisata favorit yang wajib dikunjungi terutama bila musim libur tiba. Namun dari sekian banyak nya obyek wisata Bandung yang tersedia tapi kali ini kita akan mengulas salah satu tempat wisata yang paling populer khususnya bagi kaum milenial karena di tempat ini tersedia banyak spot foto yang keren.  

Situ Patenggang 

Situ Patenggang adalah objek wisata Bandung Selatan dan merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Bila anda ingin berlibur dengan keluarga dan sahabat maka jangan lupa untuk memasukkan situ patenggang ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. 

Letak tempat wisata situ patenggang sendiri memang amat menarik. Terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang indah, rekan-rekan akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan yang masih asri mulai dari perjalanan sampai ke lokasi.

wisata situ patenggang

Makna Dibalik Situ Patenggang

Banyak yang bertanya apa makna dari Situ Patenggang ? Konon katanya nama tersebut berasal dari kisah cinta antara Putra dari Prabu dan Putri dari titisan Dewi yang besar bersama dengan alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka terpisahkan untuk sekian lamanya. 

Karena rasa cintanya yang begitu mendalam, mereka pun akhirnya saling mencari dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan dengan “Batu Cinta”. Dewi Rengganis pun meminta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang kemudian dan sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). 

Sehingga, berdasarkan informasi yang berasal dari lokasi wisata, nama Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, yaitu ‘Situ’ yang berarti danau, dan ‘Pateang-Teangan’ yang berarti saling mencari antara Ki Santang dan Dewi Rengganis dalam cinta mereka.

wisata situ patenggang

Kawasan Situ Patenggang yang Indah

Wisata Situ Patenggang merupakan danau yang letaknya di bagian selatan Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey. Situ Patenggang berada di ketinggian 1600 meter dengan dikelilingi oleh kebun teh. Pemandangannya sangat indah dan eksotik. Selain itu, Situ Patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. 

Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Setelah anda turun dari kendaraan anda, maka anda akan melihat tenangnya air danau, udara yang sejuk serta kabut tipis yang membuat suasana tentram.

Untuk menempuh perjalanan ke Ciwidey dari Kota Bandung, anda memerlukan waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Namun, apabila pada hari minggu waktu perjalanan anda sedikit terganggu karena adanya aktivitas pasar minggu. Ketika telah melewati Soreang, akses ke Ciwidey berliku dan naik turun tetapi jalannya bagus. Di sepanjang perjalanan, kita akan ditemani oleh pemandangan yang didominasi oleh kebun teh dan kebun strawberry.

wisata situ patenggang

Setelah anda memasuki wilayah Ciwidey atas, anda akan memasuki hutan pinus yang memiliki udara segar dan sejuk. Anda dapat merasakan sensasi segarnya menghirup udara pegunungan yang takkan pernah kita jumpai di daerah perkotaan. Setelah kita melewati objek-objek wisata tersebut,  jalan akan terbagi 2 jalan. 

Anda harus mengambil jalan yang lurus (jangan ke kanan), lalu kita akan melewati tempat penyewaan ATV (All Terrain Vehicle). Sampailah kita di pintu gerbang Situ Patenggang lalu membeli tiket yang tersedia. Setelah melewati gerbang utama, maka terdapat gerbang kedua dimana tiket yang dibeli di gerbang utama akan dicek kembali oleh petugas.

Situ patenggang lebih menonjolkan keindahan alamnya jadi anda dapat menikmati keindahan keindahan alam di sekitar sini. Disini kita juga dapat menyewa perahu yang bisa kita gunakan dengan keluarga dan pasangan.

  Disisi lain, banyak kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di Situ Patenggang. Mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, mengelilingi Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekadar berpiknik di pinggiran danau. Ada banyak perahu yang disediakan untuk pengunjung setiap harinya. Kondisi perahu cukup terawat dan aman digunakan saat mengelilingi Situ Patenggang. 

Masing-masing kendaraan air ini ditawarkan dengan harga sewa yang tentu saja dapat anda negosiasikan dengan pihak penyedia. Harga penyewaan perahu sebesar Rp. 15.000-Rp.20.000/ orang dan Rp. 150.000/ perahu, perahu angsa sebesar Rp. 40.000/perahu, serta jika anda ingin naik perahu sambil memancing maka anda bisa menyewanya dengan harga Rp. 15.000/pancingan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Wisata Situ Patenggang

Weekday (Senin – Jumat) :

  • Wisatawan Lokal    : Rp 18.000 / orang
  • Wisatawan Asing    : Rp 135.000 / orang
  • Roda 2                   : Rp 3.500
  • Roda 4                   : Rp. 11.500
  • Parkir bus          : Rp. 22.000

Weekend (Sabtu, Minggu, Hari Libur) :

  • Wisatawan Lokal    : Rp 20.500/ orang
  • Wisatawan Asing    : Rp 185.000/ orang
  • Roda 2                   : Rp 3.500
  • Roda 4                   : Rp. 11.500
  • Parkir bus          : Rp. 22.000

(Note : Harga Sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu)

 

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?