fbpx
tempat wisata gratis di bandung

Tempat Wisata Gratis Di Bandung 5/5 (1)

Tempat wisata gratis di Bandung – Jika warga Bandung dan sekitarnya, pastilah anda tidak heran jika di Bandung banyak sekali tempat tempat wisata yang keren dan mempesona. Anda dapat memilih banyak tempat yang akan dijadikan rujukan untuk berlibur di Bandung.

Selain wisata yang berbayar di Bandung terdapat juga tempat wisata yang dapat dinikmati secara gratis oleh warga sekitar. Ya tempat wisata taman balai kota Bandung adalah salah satu tempat wisata yang dibuka untuk umum. 

Sejarah Taman Balai Kota Bandung

Taman wisata Bandung  ini juga dikenal sebagai Kebon Raja. Istilah tersebut muncul karena dulu di sebelah timur terdapat Kweekschool (Sekolah Guru) yang memiliki siswa anak orang terpandang. Kweekschool lantas dikenal sebagai Sakola Raja.

Ketika jam istirahat tiba, para siswa sering berkumpul di lokasi tersebut sehingga kala itu dijuluki Taman Kebon Raja.

Setelah Indonesia merdeka, namanya diganti menjadi Taman Merdeka karena letaknya persis di Jalan Merdeka. Di tahun 1996, taman kembali berubah nama menjadi Taman Dewi Sartika seiring ditempatkannya patung Dewi Sartika.

tempat wisata gratis di bandung

Setelah Indonesia merdeka, namanya diganti menjadi Taman Merdeka karena letaknya persis di Jalan Merdeka. Di tahun 1996, taman kembali berubah nama menjadi Taman Dewi Sartika seiring ditempatkannya patung Dewi Sartika. Kini namanya dikembalikan menjadi Taman Balai Kota Bandung sesuai letaknya.

Sementara itu, lahan berdirinya kompleks kantor Balai Kota Bandung kini adalah milik Andries de Wilde, seorang tuan tanah Priangan, yang sebelumnya digunakan sebagai gudang kopi.

Pada tahun 1927, gudang kopi kemudian dihancurkan. Kemudian dilakukan pembangunan gedung beserta tamannya. Dulunya area di depan kantor walikota hanya berupa tanah merah kosong dan biasanya digunakan anak-anak untuk bermain bola.

Sempat diperbaiki beberapa kali, kini menjadi semakin indah sejak dikelola pada masa pemerintahan Ridwan Kamil.

Apa Saja Yang Ada Disini ?

tempat wisata gratis di bandung

Taman Badak

Setelah direnovasi, Taman Badak baru saja diresmikan pada Desember 2017 silam. Memasuki area taman, Anda akan disambut tiga kolam yang biasanya dimanfaatkan anak-anak untuk bermain air.

Kemudian terdapat patung badak putih bercula satu yang selesai dibangun pada 10 November 1981. Konon patung didirikan untuk mengingat Bandung pernah didiami binatang purba ini.

Taman Dewi Sartika

Di area taman dewi sartika berdiri kokoh patung pahlawan wanita asal Jawa Barat, Dewi Sartika. Taman ini memang didirikan untuk menghormati jasa-jasa beliau di bidang pendidikan. Taman Dewi Sartika merupakan taman tertua di Bandung dan telah beberapa kali dipugar.

Kini, taman telah dihiasi beragam jenis tanaman hias beraneka warna sehingga menyejukkan tiap mata yang memandang. Taman ini juga telah dilengkapi dengan kehadiran tiga jenis fauna yakni burung, kelinci, dan rusa yang dikandangkan.

tempat wisata gratis di bandung

Taman Labirin

Taman Labirin dulunya merupakan Taman Merpati yang kemudian dipermak menjadi semakin modern. Dalam taman ini, terdapat jalur berliku dengan alas lantai granit selebar setengah meter.

Memiliki empat pintu keluar, jalur ini dibuat melingkari dua buah pohon trembesi yang kini telah berusia 100 tahun.

Bukan hanya digunakan sebagai latar untuk foto, taman ini juga ramai dikunjungi anak-anak untuk bermain. Hadirnya Taman Labirin menobatkan Bandung sebagai kota yang serius membangun ruang-ruang hijau bagi publik.

Lokasi

Tempat Wisata Gratis di Bandung ini berada di jantung Kota Bandung, tepatnya di antara Jalan Merdeka dan Jalan Wastukancana, dan berada dalam kompleks Balai Kota. Lokasi ini mudah dijumpai baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. 

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

taman bunga cihideung

Tiket Masuk Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung – Bandung memang mempunyai berbagai destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Apalagi rasanya belum lengkap  jika

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?