fbpx
saung angklung udjo bandung

Wisata Edukasi Saung Angklung Udjo Bandung 5/5 (2)

Saung Angklung Udjo Bandung memang mempunyai sejuta destinasi wisata yang menarik, Bandung juga mempunyai wisata edukasi untuk anak yang bisa dikunjungi. Salah satu nya adalah Saung Angklung Udjo yang merupakan sebuah tempat wisata budaya bernilai edukasi yang komplit. 

Saung Angklung Udjo mempunyai kemampuan untuk penuhi keinginan untuk tempat wisata yang membuat pengunjung dapat menikmati serta menyelami seni, khususnya seni sunda dalam hal ini angklung.

Untuk memberikan dukungan pencapaian misi pariwisata edukasi kebudayaan sunda, tempat ini diperlengkapi dengan ajang atraksi, pusat kerajinan bambu serta workshop untuk alat musik bambu. 

Ditambah dari sebatas tempat rekreasi, kedatangan Saung Angklung Udjo Bandung bertambah lebih berarti sebab perhatiannya untuk melestarikan serta meningkatkan kebudayaan Sunda. Dalam ini terutamanya Angklung. Pelestarian ini dilaksanakan lewat melalui penyelenggaraan atraksi, pendidikan, serta training.

Tempatnya juga nyaman. Selain panggung yang besar dengan tata suara serta senar yang bagus. Di Saung Angklung Udjo, beberapa tamu dapat berbelanja berbagai macam souvenir ciri khas Indonesia. Ada cafe serta kantin buat tempat makan serta istirahat beberapa tamu.

Tempatnya juga teduh, nyaman buat sebatas menikmati udara sejuk Bandung. Untuk menjaga alat musik bambu ini, Saung Angklung Udjo membangun kelas pendidikan musik, tarian, serta angklung. Muridnya dari mulai beberapa anak sampai mahasiswa serta tanpa ada diambil ongkos.

Banyak kesibukan edukatif yang dapat dilaksanakan di Saung Angklung Udjo Bandung. Aktivitas yang intinya mempunyai tujuan mempopulerkan budaya Sunda dan alat musik angklung. Berikut sejumlah kesibukan yang dapat dilaksanakan saat berkunjung kesini.

saung angklung udjo bandung

Wayang Golek

Wayang golek ialah sandiwara boneka kayu ciri khas Sunda yang komplit dengan bajunya. Atraksi ini biasa diperlihatkan pada session pembukaan pada semua pertunjukan yang diselenggarakan sehari-harinya.

Di akhir sandiwara umumnya disembunyikan pesan kepribadian yang bisa diambil beberapa pengunjung. Waktu tindakan wayang golek berjalan sekitar 10 sampai 20 menit yang akan disambung dengan pertunjukan setelah itu.

Tari Topeng

Tarian ini termasuk juga dalam panggung atraksi yang didatangkan teratur tiap hari. Cerita tari topeng bermula dari seorang pembawa kabar dari Majapahit yang sedang menyelidik keadaan Kerajaan Blambangan.

Dalam tarian itu, seorang penari berperanan untuk pembawa kabar yang menyamar memakai topeng. Topeng itu dipakai supaya si penari seperti terlihat seorang pria yang gagah buat menantang Prabu Minakjinggo.

saung angklung udjo

Angklung Orkestra

Pada pertunjukan ini, angklung akan dimainkan bersama-sama oleh beberapa pementas hingga membuahkan suara yang cantik. Suara alunan musik itu akan diimbangi dengan tarian Jawa Barat yang luwes.

Lagu yang akan dilakukan dengan alat musik angklung di panggung ini ibarat Balonku, Twinkle Twinkle Little Star, sampai lagu dangdut atau lagu wilayah. Pengunjung akan dibikin takjub dengan kombinasi musik serta tarian Jawa Barat yang meningkatkan kental budaya Sunda.

Bermain Angklung Bersama-sama

Pengunjung akan dibawa bermain angklung bersama-sama oleh beberapa anak didikan Saung Angklung Udjo pada session ini. Nanti, setiap pengunjung akan dipinjami satu angklung untuk dimainkan dengan ikuti aba-aba.

Angklung digoyangkan waktu dirigen memberi kode dengan gerakkan tangannya. Sebelum bermain angklung bersama-sama, pengunjung akan diajarkan dulu bagaimanakah cara membunyikan angklung yang betul.

Menari Bersama-sama

Pada session ini, pengunjung dibawa untuk menari tarian tradisional ciri khas Jawa Barat. Pengunjung bisa ikuti gerakan tari yang dilakukan oleh beberapa penari. Aktivitas ini jelas mendidik terutamanya buat beberapa anak untuk memperkenalkannya pada budaya Sunda.

Aktivitas ini benar-benar membahagiakan sebab disertai musik yang riang. Pertunjukan ini umumnya ada di session paling akhir di agenda atraksi tiap hari.

Wisata Kuliner Dapoer Angklung

Pengunjung bisa menikmati bermacam macam kuliner yang berada di Dapoer Angklung. Makanan yang ditawarkan disana beragam seperti batagor serta siomay ciri khas Bandung.

Ada juga menu makanan western yang rasa-rasanya tidak kalah enak serta lezat. Harga juga termasuk cukuplah dapat dijangkau untuk dinikmati bersama-sama keluarga.

Foto-foto

Sebab kelestarian serta keasrian alam yang disuguhi, Saung Angklung Udjo bisa dibuat spot berpose yang bagus. Pengunjung dapat menikmati lingkungannya yang sejuk sekalian ambil gambar.

Sebagian besar tempat dipenuhi oleh pohon bambu yang gemerisik saat disapa angin. Keadaan di sana akan bawa pengunjung menikmati situasi adat pedesaan yang tidak terlewatkan.

Wisata Saung angklung udjo ini diperlengkapi dengan bermacam fasilitas seperti Buruan Sari Asih yang berperan untuk tempat santai nikmati situasi Sunda. Lantas ada Sentra Penyuluhan Kehutanan untuk unit pekerjaan untuk memberi penyuluhan pelihara pohon serta berperan pada lingkungan.

Disamping itu ada Bale Karesemen yang dipakai untuk tempat bergabung dan tempat untuk pergelaran seni. Serta Pusat Produksi Angklung yang sangat mungkin pengunjung lihat proses pengerjaan angklung dengan kualitas paling baik dengan cara langsung.

Nah itu dia penjelasan mengenai wisata di Bandung yaitu Saung Angklung Udjo Bandung, Menarik untuk dikunjungi kan? apalagi kalau ingin berlibur sama anak atau keluarga tempat ini cocok sekali karena sangat mengedukasi sekali kan. Maka yu berlibur sambil belajar di Saung Angklung Udjo

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

On Key

Related Posts

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?